Physical distancing dan social distancing, apa bedanya?

RL Info Penanya: RL
Dokter, sebenarnya physical distancing dengan social distancing itu sama atau beda sih dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RL,

Social distancing adalah salah satu kata yang populer saat ini, social distancing sendiri adalah melakukan pembatasan kegiatan bersosialisasi dimana membatasi berkumpulnya banyak orang disebuah tempat, mengurangi aktivitas diluar rumah, menjauhi keramaian dan jika memungkinkan tetap dirumah apabila tidak perlu sekali keluar rumah.

Di Indonesia sendiri social distancing disebut dengan Pembatasan Social Berskala Besar (PSBB) dimana tidak hanya melakukan social distancing saja tetapi juga melakukan physical distancing. PSBB dilakukan dengan membatasi beberapa kegiatan diluar rumah seperti:

  • Aktivitas di tempat bekerja
  • Aktivitas belajar mengajar di sekolah
  • Kegiatan ibadah atau kegiatan keagamaan di rumah ibadah
  • Kegiatan di fasilitas umum
  • Operasional transportasi umum.

PSBB juga mengatur physical distancing dimana jarak aman masing-masing orang diatur agar tidak kurang dari 2 meter seperti misanya saat di kendaraan, ataupun di tempat umum seperti pasar. Setiap orang juga wajib menggunakan masker apabila berada diluar rumah dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama cuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta menerapkan etika yang baik saat batuk ataupun bersin. 

Untuk itu mari kita bantu untuk memutus rantai penyebaran infeksi virus Covid-19 ini dengan menaati aturan PSBB yang telah ditetapkan dan tetap di rumah serta menjaga kondisi imunitas tubuh agar tetap sehat dan juga produktif. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Super spreader dapat menularkan virus corona dengan cepat

Mengenal Super Spreader dan Kemampuannya dalam Menularkan Virus Corona

Super spreader memiliki virus yang lebih ganas dibandingkan pasien virus corona pada umumnya. Virusnya dianggap lebih “pandai” dan aktif saat menyerang tubuh.