18 Sep 2021, 22:37Psikologi

Kenapa timbul ketakutan berlebih ketika melihat kecoa?

L
Info Penanya: L0
Halo, Dok. Setiap bertemu kecoa di dekat saya atau ada kecoa dikamar saya, saya selalu merasa panik, tiba-tiba pusing, dan bahkan saya menangis. Saya benar-benar menangis sampai sesegukan, bahkan sampai keringat dingin. Kira-kira kenapa ya, Dok? Terima kasih.
120 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, LTerima kasih atas pertanyaannya.Rasa takut berlebihan pada suatu hal dapat menimbulkan serangan panik yang muncul dalam diri misal menjadi keringat dingin, jantung berdebar, hingga badan gemetaran.  Kondisi ini dapat dikatakan sebagai suatu fobia.  Ada begitu banyak bentuk fobia, termasuk fobia serangga salah satunya kecoa. Fobia kecoa dalam medis disebut sebagai katsaridaphobia.  Fobia kecoa ini sering disebabkan adanya peristiwa yang menimbulkan trauma dan berkaitan dengan hewan di masa lalu atau saat masih kecil.  

Tindakan awal mengatasi ketakutan berlebih pada kecoa :

  • Melakukan teknik relaksasi salah satunya latihan pernapasan.  Ketika serangan muncul segara jauhi pemicu lalu fokus pada pikiran dengan menarik napas dalam lalu hembuskan secara perlahan dari mulut. 
  • Perlahan tanamkan di pikiran bahwa binatang tersebut akan hilang dan tidak menganggu. 
  • Segera lakukan aktivitas lain sehingga pikiran tidak terfokus pada apa yang memicu timbulnya ketakutan. 
Jika ketakutan terhadap kecoa ini sudah sampai di tahap hingga menimbulkan mimpi buruk dan menganggu dalam aktivitas sehari-hari maka tidak ada salahnya konsultasi dengan psikiater.  Jika memang kondisi anda termasuk suatu fobia maka akan dilakukan terapi konseling, hipnoterapi, hingga terapi pemaparan secara bertahap pada penyebab fobia.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
hipnoterapifobiagangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil