14 Nov 2020, 19:02Psikologi

Phobia melihat darah harus bagaimana?

AC
Info Penanya: AC0
Bagaimana caranya mengatasi phobia melihat darah yang banyak?? Saya sering merasa pusing, mual, perut seperti terpelintir, pandangan menjadi silau seperti akan pingsan. Apa yang harus saya lakukan dan apa saja penyebab sehingga saya mengalami phobia melihat darah
332 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AC,Fobia adalah ketakutan yang berlebihan dan seringkali pencetusnya adalah hal-hal yang sepele seperti melihat ketinggian, darah, ayam, kegelapan, ruangan sempit, dll. Ketakutan ini berlebihan sehingga adanya paparan pencetus tersebut akan menimbulkan dada berdebar, pusing, mual, keringat dingin, badan menjadi kaku, histeris, dll. Dan setiap orang pasti memiliki ketakutan terhadap obyek-obyek tertentu cuma tingkat ketakutannya saja yang berbeda-beda.Perihal Anda yang ketakutan saat melihat darah, Anda tidak perlu berkecil hati karena banyak juga orang yang ketakutan saat melihat darah atau jarum suntik. Yang perlu Anda lakukan adalah jangan memaksakan diri Anda melihat darah.

Yang perlu Anda lakukan saat fobia datang adalah:

  • Kendalikan pikiran Anda dan jauhkan bayangan yang buruk-buruk seperti kematian, dll.
  • Segera duduk dan atur napas Anda agar pikiran lebih tenang. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan sambil memejamkan mata Anda.
  • Sebisa mungkin hindari melihat darah. Namun Anda juga perlu secara perlahan-lahan membiasakan diri melihat darah dalam jumlah sedikit.
  • Minum segelas air agar hati Anda lebih tenang.
Bila ketakutan Anda sering kambuh dan mengganggu aktivitas Anda misal pekerjaan Anda sebagai tenaga medis yang mengharuskan melihat banyak darah, maka lakukan konseling ke psikolog untuk membantu Anda mengendalikan ketakutan Anda.Salam sehat,dr. Vina
pendarahangangguan kecemasanfobia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil