Apakah yang dimaksud dengan fobia gelap?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 13 Tahun
Halo dok, saya mempunyai teman yang mengalami fobia gelap atau nyctophobia. Namun apakah wajar bila dia suka berjalan jalan di malam hari dan apa wajar jika dia Astrophilia?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Fobia merupakan suatu rasa takut yang belebihan terhadap sesuatu atau keadaan yang biasanya tidak membahayakan bagi orang lain. Fobia terdiri dari macam-macam, salah satunya yaitu nyctophobia. Nyctophobia adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki ketakutan yang berlebih (ekstrim) pada malam hari atau pada kegelapan. 

Perlu dipastikan dari pertanyaan Anda apakah suka berjalan di malam hari yang Anda maksud ini saat teman Anda sedang tertidur atau tidak. Apabila teman Anda suka berjalan dimalam hari saat Ia sedang tertidur, maka kondisi ini disebut dengan sleep walking atau somnambulism. Kondisi ini, biasanya dialami seseorang tidak hanya berjalan, namun bisa juga melakukan aktivitas atau kegiatan bahkan bicara dalam keadaan tertidur. 

Sedangkan astropilia adalah suatu ketertarikan atau antusiasme seseorang terhadap langit dan benda-benda langit seperti bintang. Terkait dengan kondisi teman Anda, perlu diketahui apakah diagnosis nyctophobia yang dialaminya ini dibuat dari hasil pemeriksaan oleh psikater atau diangosis pribadi? karena, kondisi gangguan fobia hanya bisa ditegakkan oleh psikater (dokter spesialis jiwa).

Untuk itu, sebaiknya melakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter spesialis jiwa terdekat agar mengetahui kondisi tersbebut termasuk dalam kondisi yang wajar atu tidak wajar. Usahakan tetap mengonsumsi makanan yang sehat, cukupi kebutuhan cairan harian, dan lakukan olahraga agar badan sehat dan bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi ketakutan bisa dilakukan sendiri atau dengan bantuan profesional.

Ketakutan Berlebihan? Tenangkan Diri dan Ketahui Cara Mengatasinya

Cara mengatasi ketakutan bisa dengan menenangkan diri, mengidentifikasi penyebabnya, mengganti pola pikir, selalu bersyukur, dan berbicara dengan orang sekitar.