Petting tanpa ejakulasi apa dapat menyebabkan kehamilan?

AN Info Penanya: AN, Wanita, 17 Tahun
Saya melakukan petting dengan pacar saya waktu saya sedang masa subur, kita petting tanpa menggunakan penghalang apapun tapi dia tidak sempat ejakulasi apakah itu tetap akan menyebabkan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AN,

Petting di saat masa subur tentunya berisiko untuk terjadi kehamilan, karena hanya diperlukan 1 sperma untuk membuahi sel telur. Dan saat masa subur maka sel telur dilepaskan karena sudah siap dibuahi.

Sejauh apa petting yang Anda lakukan? Apa Anda yakin tidak ada cairan pra ejakulasi yang nempel apa vagina? Karena di dalam cairan pra ejakulasi sudah terkandung sperma meski jumlahnya sedikit, tidak sebanyak ketika ejakulasi. Namun bukan berarti tidak bisa membuahi. Bila Anda yakin tidak ada cairan pra ejakulasi yang menempel pada vagina, maka Anda tidak perlu cemas terjadi kehamilan. Namun bila Anda tidak yakin, maka yang bisa dilakukan saat ini hanyalah menunggu apakah nantinya Anda mengalami keterlambatan haid atau tidak.

Dan seringkali setelah petting seorang wanita akan mengalami keterlambatan haid akibat:

  • Kehamilan.
  • Stres akibat takut hamil di luar nikah atau merasa bersalah, sehingga hormon-hormon tidak seimbang dan siklus haid akan mundur. Makin stres maka siklus haid akan semakin tidak teratur.

Bila Anda belum menikah, sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual atau petting, karena selain bisa terjadi kehamilan, juga berisiko menularkan penyakit menular seksual. Lakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat misal berolahraga bersama, pergi beribadah, dll.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Baby oil tidak tepat digunakan untuk pelumas saat bercinta

Menggunakan Baby Oil untuk Pelumas Saat Bercinta, Amankah?

Menggunakan baby oil untuk pelumas saat bercinta adalah ide buruk. Idealnya, pelumas untuk berhubungan seksual menggunakan cairan water-based sementara baby oil tidak. Baby oil memang aman digunakan pada kulit, bahkan ampuh mengatasi keluhan seperti ruam pada bayi. Namun bukan berarti baby oil aman dioleskan pada vagina atau anus.