Petting apa bisa menyebabkan kehamilan?

B Info Penanya: B
Permisi dok mau tanya, saya sehabis petting dengan menggesekkan penis di mulut vagina, namun tidak ejakulasi disana, dan juga saya terakhir ejakulasi sehari sebelumnya. Apakah cairan praejakulasi yang mungkin pas saya petting tadi dapat membawa sperma dan apakah cairan itu dapat masuk ke vagina?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi B,

Petting adalah aktivitas seksual yang dilakukan tanpa penetrasi penis ke vagina, namun saat ada rangsangan maka penis akan menjadi ereksi dan bila rangsangan diteruskan maka akan keluar cairan yang disebut dengan cairan pra ejakulasi, dan saat mendapat rangsangan maksimal maka penis akan mengalami ejakulasi yang mengeluarkan banyak sperma dan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

Sudah benar bahwa cairan pra ejakulasi sudah membaca sperma meski jumlahnya hanya sedikit, namun seperti yang diketahui bahwa hanya dibutuhkan 1 sperma untuk terjadinya kehamilan. Dan sama seperti pada laki-laki, ketika seorang wanita mendapat rangsangan, maka area vagina akan mengeluarkan cairan pelumas yang berfungsi untuk melicinkan vagina agar penis bisa lebih mudah masuk ke dalam vagina dan tidak terasa nyeri, selain itu cairan itu juga berfungsi untuk membantu menghantarkan sperma masuk ke dalam vagina. Sehingga bila Anda melakukan petting dan menempelkan penis ke vagina maka tetap ada risiko untuk terjadi kehamilan, terlebih bila Anda melakukan petting di saat masa subur pasangan Anda. Meski kemungkinan tersebut tidak sebesar bila Anda melakukan penetrasi ke dalam vagina.

Sebaiknya pasangan Anda melakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Dan untuk selanjutnya mungkin lebih baik bila Anda menggunakan kondom bila memang belum siap memiliki momongan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Antenatal care atau pemeriksaan ANC adalah rangkaian program pelayanan kesehatan untuk ibu hamil

Antenatal Care, Pemeriksaan ANC Penting Bagi Ibu Hamil dan Janin

Antenatal care atau pemeriksaan ANC adalah rangkaian program pelayanan kesehatan untuk ibu hamil. Di Indonesia, rumus antenatal care disebut “10 T” dan telah dirilis sejak tahun 2009. Sama seperti manfaat USG, rangkaian pemeriksaan ANC ini penting untuk memastikan ibu hamil dan janin berkembang sesuai usia kehamilannya.