Petting, apakah bisa menyebabkan kehamilan?

IP Info Penanya: IP, Wanita, 20 Tahun
Dok apa bener petting ada kemungkinan untuk hamil untuk wanita yang masih perawan? Petting tetap dilakukan setelah sperma keluar, Apa sperma masih bisa masuk ke vagina? Dan untui memastikan kita hamil endanya itu berapa hari setelah petting?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IPS.

Petting idealnya dilakukan oleh pasangan suami istri, dimana hal ini bertujuan untuk saling merangsang dan membangkitkan gairah sebelum melakukan penetrasi (memasukkan penis ke vagina). Petting tidak disarankan dilakukan oleh para remaja yang ingin coba-coba.

Perlu diketahui, walaupun petting hanya sekadar menggesek-gesekkan penis ke vagina, petting tetap dapat menyebabkan kehamilan. Pada kasus Anda, apabila petting tetap dilakukan setelah sperma keluar, maka kemungkinan kehamilan akan semakin besar, karena sperma memiliki kemampuan untuk berenang ke dalam liang vagina.

Walaupun selaput dara utuh, sperma tetap bisa masuk ke dalam rahim. Pasalnya, selaput dara sudah memiliki lubang ketika dilahirkan, dimana lubang tersebut berfungsi sebagai jalan lewatnya darah menstruasi. Lubang tersebut tentunya cukup besar untuk dilalui sperma.

Oleh karena itu, apabila nantinya Anda terlambat haid, sebaiknya segera lakukan testpack atau lakukan USG di dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jika benar hamil, sebaiknya jaga kandungan Anda dengan baik. Cara menjaga kehamilan adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, dan menghindari stres.

Tetapi apabila tidak hamil, maka Anda dapat mencoba melakukan hubungan seks dengan penetrasi apabila menginginkan momongan. Sebaliknya, jika tidak ingin hamil, sebaiknya hindari petting atau gunakan kontrasepsi seperti kondom atau pil. 

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa pengaman dapat dilakukan menggunakan metode kontrasepsi

Bagaimana Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Seks Tanpa Pengaman?

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa pengaman dapat dilakukan dengan menggunakan metode kontrasepsi. Apa saja pilihan alat kontrasepsinya?