Apakah hanya petting bisa tetap hamil?

A Info Penanya: A, Pria
Malam dok ,maaf saya mau bertanya saat saya melalukan petting kemungkinan saya praejakulasi (cairan) ,apakah pasangan saya bisa hamil atau tidak ,Mohon pencerahannya dok saya takut ,itu di lakuin cuman satu kali dan tidak di dalm vigina hanya di luar saja
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Petting adalah aktivitas seksual yang dilakukan tanpa melakukan penetrasi penis ke dalam vagina. Untuk kemungkinan hamil tergantung dari sejauh apa petting yang Anda lakukan, apakah masih menggunakan celana atau tidak.

Berdasarkan cerita Anda bila petting sudah dilakukan hingga keluar cairan praejakulasi dan dilakukan di depan vagina meski masih diluarnya saja, maka tetap saja ada kemungkinan untuk hamil karena pada cairan praejakulasi sudah terkandung sperma meski dalam jumlah sedikit. Meski penis tidak penetrasi ke dalam vagina, namun cairan bisa saja tetap masuk saat penis bergesekan dengan vagina terlebih vagina dalam kondisi licin.

Bila Anda dan pasangan ingin menunda kehamilan sebaiknya hindari melakukan aktivitas seksual tanpa pengaman sama sekali.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kehamilan :

  1. Wanita bisa menggunakan KB, baik pil, suntik, maupun implan.
  2. Anda menggunakan kondom, meski dalam kondisi hanya petting.
  3. Lakukan aktivitas seksual diluar masa subur pasangan Anda.

Bila pasangan Anda sampai terlambat haid, maka lakukan tes pack 7 hari setelah terlambat haid untuk memastikan pasangan Anda sedang hamil atau tidak. Bila tes pack negatif namun pasangan Anda tidak kunjung haid maka lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan organ reproduksinya ada masalah atau tidak.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seks tanpa penetrasi tetap memungkinkan seorang wanita untuk hamil

Mengungkap 10 Mitos dan Fakta Mengenai Seks dan Kehamilan

Mitos dan fakta mengenai seks dan kehamilan mungkin masih jadi misteri bagi banyak orang. Tidak semua anggapan yang kerap Anda dengar itu benar. Anda mesti tahu mana yang termasuk mitos dan mana yang benar-benar fakta, supaya bisa terhindar dari kehamilan yang tidak direncanakan.