Petting apa dapat menyebabkan hamil?

MS Info Penanya: MS, Wanita, 25 Tahun
Dok, kemarin saya petting dg pasangan saat haid hari ke 4 (biasnya haid 7 hari). 2jam setelahnya darah haid keluar. Sperma keluar diluar dan saya lap pakai tisu, lalu saya ke toilet buang air kecil. Apakah tangan saya yg bekas lap tisu lalu untuk cebok buang air kecil, dapet menyebabkan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MS,

Petting adalah akivitas seksual yang sering dilakukan bila belum siap memiliki anak, atau melakukan hubungan seksual di luar ikatan pernikahan. Petting ini memang mengurangi risiko terjadinya kehamilan, namun bukan berarti mencegah 100% terjadinya kehamilan.

Perlu diketahui bahwa cairan pra ejakulasi sudah mengandung sperma, tapi tentunya jumlah spermanya lebih sedikit bila dibanding saat ejakulasi. Namun keluarnya cairan pra ejakulasi ini seringkali tidak disadari karena sudah bercampur dengan lendir yang muncul pada vagina yang berfungsi sebagai pelumas ketika penis penetrasi ke dalam vagina. Cairan inilah yang masih memungkinkan membuahi sel telur dan terjadi kehamilan meski ejakulasi dilakukan di luar vagina.

Namun bila Anda melakukan petting ketika sedang haid, artinya tidak mungkin terjadi kehamilan, karena sel telur telah luruh bersama darah haid. Namun melakukan aktivitas seksual ketika sedang haid akan memperbesar risiko terjadinya infeksi, terutama infeksi menular seksual. Sehingga seharusnya menghindari berhubungan seksual ketika Anda sedang haid.

Bila Anda tidak siap hamil, sebaiknya gunakan KB untuk mencegah terjadinya kehamilan. Anda bisa memilih pil KB, suntik KB, implan atau IUD. Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan bila Anda bingung mau memilih Kb yang mana.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menggugurkan kandungan dapat dilakukan dengan obat atau tindakan medis tertentu

Cara Menggugurkan Kandungan untuk Kehamilan Bermasalah

Aborsi dapat dilakukan jika terjadi indikasi kedaruratan medis pada ibu dan janin. Ada cara menggugurkan kandungan yang aman dan sesuai prosedur medis.