Apakah petting bisa menyebabkan kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 25 Tahun
Halo dok, saya mau tanya. Kemarin saya petting dengan pasangan (maaf, saling bergesek alat kelamin), pasangan tidak mengalami ejakulasi saat kami melakukan petting. Tetapi, sebelum petting pasangan saya sempat mengalami ejakulasi karena hal yg lain. Pertanyaan saya, apakah petting yg saya lakukan masih bisa berpotensi pada kehamilan? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

Petting adalah aktivitas seksual berupa saling menggesekkan alat kelamin, tanpa proses memasukkan penis ke vagina. Petting idealnya dilakukan sebagai pemanasan (foreplay) pada saat pasangan suami istri akan berhubungan seksual. Tetapi, petting juga sering dilakukan oleh remaja yang belum siap hamil, tetapi ingin mencoba-coba, dimana sesungguhnya tidak disarankan untuk melakukan hal tersebut.

Mereka yang belum siap untuk kehamilan tidak disarankan melakukan petting, karena hal tersebut bisa menyebabkan kehamilan. Terlebih apabila petting dilakukan sampai terjadi ejakulasi, karena sperma yang keluar dapat berenang hingga masuk ke liang vagina. Apalagi, pada saat petting posisi penis dan vagina berdekatan.

Terkait kondisi yang Anda lakukan, apabila sebelum petting pasangan sempat ejakulasi, bisa saja ada sisa sperma yang belum bersih dan masuk ke dalam liang vagina Anda saat melakukan hal tersebut. Oleh karena itu, potensi kehamilan mungkin terjadi, sehingga disarankan Anda melakukan testpack apabila nantinya telat haid.

Apabila benar hamil, maka jagalah kandungan Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup. Disarankan juga untuk tetap bergerak aktif tetapi jangan kelelahan, agar aliran darah ke plasenta dan janin senantiasa lancar. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dipersilakan berkonsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kandungan.

Tetapi apabila tidak hamil dan Anda memang tidak siap untuk itu karena masih pacaran, sebaiknya ke depannya jangan lakukan hal ini lagi. Isilah pacaran dengan saling mengenal pasangan dan melakukan kegiatan lain yang positif.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
25 Jul 2020, 00:27
Dokter sylvia apakah di Indonesia pernah ada kasus petting dan hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Jul 2020, 11:36
Selamat siang, SU.
Perlu diketahui bahwa kehamilan terjadi apabila terdapat sel sperma bertemu dengan sel telur dan terjaid proses pembuahan. Apabila saat melakukan petting terdapat sel sperma yang bertemu dengan sel telur, maka kondisi ini memungkinkan untuk terjadinya kehamilan. Apabila Anda dan pasangan belum merencanakan kehamilan, sebaiknya gunakanlah alat kontrasepsi ketika melakukan hubungan seksual.
Terima kasih.
Dibalas oleh DH
18 Aug 2020, 13:33
saya memiliki kasus yang sama dengan SU hanya saja kami memakai celana masing² setebal 3 lapis, apakah tetap Masih mungkin?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
19 Aug 2020, 08:22
Selamat pagi DH,
Apabila menggunakan celana 6 lapis (3+3) maka kemungkinannya sangat amat kecil sekali, tapi tidak bisa dikatakan nol karena ada situasi atau kondisi tertentu, misalnya tidak sengaja menyentuh penis lalu menyentuh tangan wanita, dan tangan wanita menyentuh vagina. Jika memang tidak siap hamil, jangan melakukan aktivitas seksual sama sekali. Terima kasih.
Dibalas oleh R
29 Aug 2020, 21:50
Hallo dok apabila petting dilakukan tp si cowonya sudah memakai pengaman apakah masih bisa beresiko hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Aug 2020, 10:52
Selamat siang, R
Kehamilan dapat terjadi apabila ada sel sperma yang bertemu dengan sel telur wanita. Apabila pria menggunakan alat kontrasepsi berupa kondom, maka tidak ada sel sperma yang bertemu dengan sel telur wanita sehingga tidak terjadi pembuahan yang menyebabkan kehamilan.
Terima kasih.
Dibalas oleh NA
20 Sep 2020, 12:43
Dok pasangan saya telat haid dan sebelumnya melakukan petting dimasa subur. Setelah telat 5 hari coba di tespeck hasilnya negatif.Sekarang masuk hari ke 8 pasangan saya merasakan mual dan nyeri, apakah hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
21 Sep 2020, 10:03
Selamat pagi NA,
Petting bisa berisiko hamil jika tidak menggunakan pakaian dan ada ejakulasi di dekat vagina. Jika saat ini masih tidak haid bisa kembali diulang testpack nya. jika negatif berarti tidak hamil, dan keluhan bisa karena gejala PMS. Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui mitos dan fakta seks, membantu Anda mencegah penyakit dan kehamilan yang tidak diinginkan

Mitos dan Fakta Seks yang Harus Anda Kenali

Seks menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan. Bahkan berhubungan seks juga ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Walau begitu, ada beberapa mitos mengenai seks, yang menyesatkan dan tentunya berbahaya. Berikut ini beberapa mitos dan fakta seks yang perlu Anda ketahui.