Perut terasa tidak enak, kembung, mual dan begah, apakah efek dari minum pil KB?

IS Info Penanya: IS, Wanita, 29 Tahun
Selamat pagi dokter, saat ini saya punya masalah perasaan gak enak d bagian perut, kembung,mual,begah,pinggang panas sama pegel,, Kepala pusing, sudah coba tespek tp negatif, saya sudah coba minum obat maag, tp malah semakin kerasa,, apakah ini efek dr minum pil kb?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gejala yang Anda rasakan disebut dengan sindrom dispepsia. Yaitu kumpulan gejala gangguan pencernaan seperti mual, begah, kembung, perih dan nyeri di ulu hati. Seringkali timbul bila ada riwayat gangguan maag atau asam lambung, dan dipancing oleh makanan asam, berminyak atau terlalu berbumbu. Tapi dalam kasus Anda bisa akibat efek samping dari pil KB.

Pil KB termasuk ke dalam kontrasepsi hormonal. Hormon yang terkandung adalah hormon estrogen dan progesteron. Tujuannya untuk menjaga kadar hormon yang sesuai agar tercipta kondisi sulit hamil seperti cairan di organ wanita menjadi pekat dan sulit dilalui oleh sperma. Sayangnya hormon tersebut juga kadang menimbulkan gejala akibat hormon seperti gangguan mood, nyeri ulu hati, mual, kembung atau gangguan kulit. Berikut artikel mengenai jenis-jenis kontrasepsi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pil KB memiliki dua jenis, yaitu yang mengandung hormon progesteron dan hormon progesteron-estrogen

Jenis-Jenis KB, Pilih yang Paling Tepat untuk Anda

Penggunaan alat kontrasepsi bertujuan untuk menunda kehamilan dan mengatur jumlah anak yang dilahirkan. Beberapa jenis alat kontrasepsi (KB) yang bisa digunakan, antara lain IUD, kondom, suntik KB, dan pil KB.