Perut terasa perih di bagian bawah kiri

RI Info Penanya: RI, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya kalau perut terasa perih dibagian bawah kiri apa penyebabnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RI,

Keluhan perih pada perut bagian kiri bawah bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

  1. Infeksi saluran kemih. Infeksi ini akan menyebabkan perut terasa panas, nyeri saat kencing, kencing seperti tidak tuntas ingin kencing terus, air seni bercampur dengan darah.
  2. Batu pada saluran kencing. Adanya batu pada ginjal atau saluran kencing dapat menimbulkan iritasi dan berat ringannya keluhan tergantung seberapa besar ukuran batu.
  3. Kista ovarium. Kista yang tumbuh pada indung telur.
  4. PID (Pelvic Inflammatory disease). Radang panggul ini menyerang organ reproduksi wanita seperti rahim, leher rahim, indung telur, tuba falopi akibat infeksi bakteri yang berasal dari vagina.
  5. Divertikulitis. Penyakit yang disebabkan adanya kantung kecil di dinding usus yang terinfeksi yang akan menimbulkan gejala seperti sakit perut, mual, sembelit, BAK terasa panas, kembung.

Untuk mengurangi keluhan panas pada perut bisa dilakukan kompres air hangat, perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari, perbanyak konsumsi serat, hindari menahan kencing.

Bila perut terasa semakin sakit, kencing disertai darah atau ada gangguan menstruasi maka segera periksakan diri ke dokter.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing sakit bisa menjadi pertanda infeksi pada saluran kemih maupun penyakit lainnya

Kencing Sakit Belum Tentu Akibat Infeksi Saluran Kemih

Selain infeksi saluran kemih, keluhan kencing sakit juga bisa disebabkan oleh masalah di organ-organ lain, seperti kandung kemih dan prostat. Jika mengalami sakit saat buang air kecil, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter penyebabnya supaya lekas diketahui dan ditangani sebelum bertambah parah.