Perut panas, mual, dan tangan kaki bengkak

SU Info Penanya: SU, Wanita, 16 Tahun
Assalamualaikum Dok, saya mau tanya ayah saya umur 45 tahun. Dia selalu mengeluhkan perutnya terasa panas dan sering mual, terkadang malam susah tidur. Dan badannya kurus, kulitnya kering, terkadang tangan atau kakinya bengkak. Sudah pernah dibawa ke dokter tetap saja. Sebenarnya ayah saya sakit apa Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Perut terasa panas dan mual adalah kondisi tidak menyenangkan yang dapat membuat aktivitas sehari-hari terganggu. Apalagi, jika gejala tersebut disertai dengan hal-hal lain, seperti pembengkakan pada kaki dan tangan. Gejala-gejala ini bisa disebabkan oleh satu atau lebih penyakit. 

Nah, beberapa penyakit yang dapat menyebabkan gejala-gejala tersebut adalah:

  • Sirosis hepatis, yaitu kerusakan pada organ hati
  • Kekurangan gizi kronis terutama protein
  • Penyakit ginjal, misalnya gagal ginjal
  • Reaksi alergi yang cukup parah

Untuk memastikan kondisi ayah Anda, sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh oleh dokter spesialis penyakit dalam. Selain itu, kemungkinan besar juga akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium fungsi hati, fungsi ginjal, dan albumin. Jika dibutuhkan, foto rontgen atau USG juga mungkin dilakukan.

Jika sudah diketahui penyebabnya, maka akan dapat diberikan penanganan yang sesuai. Setelah diberikan pengobatan, semoga ayah Anda dapat menjalankan pola hidup sehat agar tidak mengalami perburukan dalam penyakit yang ayah Anda alami, ya. Hindari merokok dan minum alkohol, konsumsi makanan sehat, serta minum air putih yang cukup. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembengkakan kelenjar getah bening pada anak ditandai dengan benjolan di leher

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Terjadi Karena Hal Ini

Pembengkakan kelenjar getah bening pada anak adalah tanda adanya serangan penyakit. Kondisi ini ditandai dengan benjolan di leher, belakang kepala, dll.