Mual dan pusing, apakah tanda hamil?

SU Info Penanya: SU
selamat sore dok saya mau tanya kemarin selelsai hadi tanggal 22 juni tanggal 23 juni sayang melakukan hubungan intim dan sperma tidak pernah dimasukan ke rahim lalu pada tanggal 17 juli saya menstruasi .sebelumnya saya sedang mengalami batuk pilek dan saat menstruasi ke 2 perut agak mual dan kepala pusing sampai sekarang itu kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SU.

Hamil adalah kondisi ketika seorang wanita mengandung janin di dalam rahimnya selama kurang lebih empat puluh minggu, dimana pada waktu tersebut janin akan mengalami perkembangan sebelum dilahirkan ke dunia. Kehamilan dapat terjadi apabila ada pertemuan sel telur dan sperma, saat pria dan wanita melakukan aktivitas seksual.

Hubungan seks yang dilakukan dengan ejakulasi di luar juga dapat menyebabkan kehamilan, walaupun kemungkinannya lebih kecil. Pasalnya, pada saat seorang pria merasa terangsang, penis akan mengeluarkan cairan semen (cairan pre-ejakulasi) yang juga mengandung sperma dalam jumlah yang lebih sedikit. Apabila cairan tersebut masuk ke dalam vagina, maka pembuahan bisa saja terjadi.

Tetapi apabila setelah melakukan hubungan seks sudah mendapat menstruasi, dan setelah menstruasi tidak melakukan aktivitas seksual lagi, maka berarti tidak hamil. Mual dan pusing yang dialami saat menstruasi bisa saja disebabkan oleh fluktuasi hormon, ataupun penyakit lain yang tidak berhubungan sama sekali dengan menstruasinya.

Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan mual, pusing, yang disertai batuk pilek adalah:

Apabila ingin memastikan, Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, kemudian memberikan terapi yang sesuai.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makan kerang untuk ibu hamil tergolong aman bila diolah dengan benar

Apakah Boleh Makan Kerang untuk Ibu Hamil?

Makanan laut seperti kerang merupakan salah satu jenis makanan yang kerap diinginkan ibu hamil. Tapi, pertanyaannya, amankah makan kerang untuk ibu hamil?