Perut bawah terasa keras dan susah BAB, kenapa ya?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun
Malam dok. Dok perut bagian bawah keras dan seperti sesak nafas dan saya juga susah BAB tapi saya cepat lapar. Kira kira itu saya knp dok? Dan penyebabnya apa? Terimakasi .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Perut bawah yang terasa keras disertai sulit buang air besar paling sering disebabkan oleh konstipasi. Gejala konstipasi adalah buang air besar tidak setiap hari (biasanya kurang dari 3 kali seminggu), disertai tekstur tinja yang keras. Gejala juga bisa disertai dengan nyeri perut.

Penyebab tersering konstipasi adalah kurangnya asupan serat. Selain itu, penderita konstipasi juga seringkali kurang mencukupi kebutuhan air putih hariannya. Oleh karena itu, tinja tidak bisa diolah sebagaimana mestinya, yang pada akhirnya menyebabkan kesulitan saat proses buang air besar.

Jadi, untuk sementara, Anda dapat memantau dulu kondisi ini, sambil mengonsumsi air putih yang cukup, serta perbanyak serat dalam piring makan Anda, ya. Serat bisa didapat dari sayur, buah-buahan, serta beberapa makanan lain seperti oat dan kacang-kacangan.

Tetapi, apabila tidak membaik, disarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam, ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui penyebab pastinya. Karena, selain konstipasi, ada beberapa kemungkinan lain yang menyebabkan hal ini, misalnya kram perut saat akan menstruasi, kista ovarium, maupun batu kandung kemih. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh SU
07 Jul 2020, 01:08
Dok nyeri perut nya seperti apa ya?? Tetapi tekstur tinja saya tidak keras
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
07 Jul 2020, 18:20
Selamat malam, SU.
Nyeri perut pada keadaan yang disebabkan oleh konstipasi dapat berbeda beda, ada yang hilang timbul, berupa sensasi mulas hingga menyerupai kram. Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin terdapat gangguan lebih lanjut pada saluran pencernaan Anda. Untuk memastikan faktor penyebabnya, ada baiknya diperiksakan pada dokter Spesialis Penyakit Dalam.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sembelit atau susah buang air besar dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan berserat, berolahraga, dan meminum obat pencahar ringan

Susah Buang Air Besar? Atasi dengan Cara Mengatasi Sembelit Ini

Sembelit atau susah buang air besar biasanya tidak memerlukan penanganan dari dokter. Namun jika terus terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan berserat, berolahraga, dan meminum obat pencahar ringan.