logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Perut

Perut bawah terasa keras dan susah BAB, kenapa ya?

6 Jul 2020, 00:50

SU

Info Penanya: SU, Wanita, 18 Tahun

Malam dok. Dok perut bagian bawah keras dan seperti sesak nafas dan saya juga susah BAB tapi saya cepat lapar. Kira kira itu saya knp dok? Dan penyebabnya apa? Terimakasi .

Dilihat 54343

5 Komentar

SehatQ Logo

Dijawab oleh dr. Sylvia V

(14)

Selamat siang, SU.

Perut bawah yang terasa keras disertai sulit buang air besar paling sering disebabkan oleh konstipasi. Gejala konstipasi adalah buang air besar tidak setiap hari (biasanya kurang dari 3 kali seminggu), disertai tekstur tinja yang keras. Gejala juga bisa disertai dengan nyeri perut.

Penyebab tersering konstipasi adalah kurangnya asupan serat. Selain itu, penderita konstipasi juga seringkali kurang mencukupi kebutuhan air putih hariannya. Oleh karena itu, tinja tidak bisa diolah sebagaimana mestinya, yang pada akhirnya menyebabkan kesulitan saat proses buang air besar.

Jadi, untuk sementara, Anda dapat memantau dulu kondisi ini, sambil mengonsumsi air putih yang cukup, serta perbanyak serat dalam piring makan Anda, ya. Serat bisa didapat dari sayur, buah-buahan, serta beberapa makanan lain seperti oat dan kacang-kacangan.

Tetapi, apabila tidak membaik, disarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam, ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk mengetahui penyebab pastinya. Karena, selain konstipasi, ada beberapa kemungkinan lain yang menyebabkan hal ini, misalnya kram perut saat akan menstruasi, kista ovarium, maupun batu kandung kemih. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

konstipasisakit perutperut kembung

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Beri Komentar

Butuh beberapa saat untuk menampilkan komentarmu.

Dikomentari oleh

SU

07 Jul 2020, 01:08:37

Dok nyeri perut nya seperti apa ya?? Tetapi tekstur tinja saya tidak keras

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Rahmita Dewi

07 Jul 2020, 18:20:00

Selamat malam, SU. Nyeri perut pada keadaan yang disebabkan oleh konstipasi dapat berbeda beda, ada yang hilang timbul, berupa sensasi mulas hingga menyerupai kram. Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin terdapat gangguan lebih lanjut pada saluran pencernaan Anda. Untuk memastikan faktor penyebabnya, ada baiknya diperiksakan pada dokter Spesialis Penyakit Dalam. Salam sehat

Dikomentari oleh

S

11 Jan 2022, 17:22:04

Dok setiap pagi perut saya terasa sakit dan selalu pengen Bab itu kenapa ya ? Terus Sekarang perut saya kayak sakit gitu dan terasa keras tapi kalo mau bab ga keluar keluar ditambah bawaannya muall terus itu kenapa ya dok ?

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Farahdissa

12 Jan 2022, 04:07:30

Selamat pagi S, keluhan anda bisa mengarah ke gangguan pencernaan akibat salah makan, asam lambung naik, hingga infeksi pada usus. Perbaiki pola makan, banyak air putih, makan sedikit tapi sering dan periksa ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lanjutan. Salam sehat.

Dikomentari oleh

AW

23 Feb 2022, 17:48:56

dok saya udh 3 bulan pas blm mens , trus perut bagian bawah saya keras kalau ditekan agak sakit lalu kalau mau pup juga keras

SehatQ Logo

Dijawab oleh

dr. Veranita

24 Feb 2022, 10:24:18

Selamat siang AW, tidak menstruasi 3 bulan dapat disebabkan oleh kehamilan, perubahan berat badan, efek penggunaan alat kontrasepsi atau obat-obatan, gangguan tiroid, penyakit polycystic ovary syndrome dan lainnya. Jika sudah 3 bulan tidak menstruasi, sebaiknya segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter spesialis kandungan agar mendapatkan penanganan dan solusi yang tepat. Salam sehat.

Dikomentari oleh

AW

24 Feb 2022, 14:21:39

tapi saya sedang berada di kamboja dok, di sini dokter nya kurang bahasa lain . jadi gimana saya mau konsul ya dok? dan saya jauh dri kota buat konsul ke dokter spesialis kandungan

SehatQ Logo

Dijawab oleh

Lidya Hapsari

25 Feb 2022, 16:18:27

Selamat sore, AW. Anda bisa membawa teman yang bisa bahasa Kamboja atau gunakan bahasa inggris. Semoga membantu. Salam sehat.

Diskusi Terkait di Forum

Article Terkait

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved