Perut terasa keras dan penuh, apakah penyebabnya?

AC Info Penanya: AC, Wanita, 1 Tahun
Selamat siang dok.Akhir2 ini saya sering merasakan perut terasa penuh dan keras setelah makan ,sesak bagian dada, mohon solusi dan obat nya dok terimaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Rasa tidak nyaman pada perut bisa disbebakan oleh ebebrapa hal, mulai dari adanya masalah pada otot-otot perut, adanya asam lambung yang berlebih sehingga menyebabkan penyakit Gastro esofageal reflux disease (GERD), atau karena kondisi pencernaan yang lainnya. GERD adalah suatu penyakit yang ditandai dengan naiknya  kembali asam lambung ke kekerongkongan.

Adapun tanda dan gejala dari penyakit GERD adalah sebagai berikut:

  • Rasa panas terbakar pada dada (heart burn)
  • Rasa tidak nyaman pada ulu hati dan atau perut yangdapat menyebabkan rasa tidak nyaman saat bernapas
  • Mulut terasa asam atau bahkan pahit
  • Naiknya asam lambung atau makanan ke kerongkongan
  • Rasa tidak nyaman pada tenggorokan
  • Mual dan atau muntah
  • Nafsu makan turun

Untuk mengurangi keluhan yang saat ini Anda rasakan, beberapa saran yang dapat Anda lakukan adalah dengan berusaha makan tepat waktu atau tidak menunda jam makan, hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, perbanyak konsumsi buah dan juga sayur mayur, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, usahakan untuk memberi jeda minimal 2 jam setelah makan bila hendak tidur / berbaring, hindari stres dan juga kelelahan, lakukan istirahat dengan cukup, dan jaga kebersihan diri serta lingkungan sekitar Anda. 

Bila keluhan yang Anda rasakan tidak emmbaik dalam waktu 3 hari, atau keluhan dirasa semakin memberat segera periksakan diri Anda ke dokter sepsialis penyakit dalam terdekat.

Semoga bermanfaat,

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Golongan darah AB hanya bisa mendonorkan darahnya bagi sesama golongan AB saja.

Segala Fakta Menarik Di Balik Golongan Darah AB

Golongan darah AB disebut sebagai penerima darah universal karena dapat dengan aman menerima transfusi darah dari golongan darah manapun, baik O, A, B, atau AB.