Perut terasa keram, apa penyebabnya?

IL Info Penanya: IL, Wanita, 21 Tahun
Hallo dok selamat siang,Aku baru saja mengalami tadi pagi sakit perut tapi bukan disebabkan karena diare dan gak lagi PMS juga, seperti kram gitu, itu kenapa ya dokTerimakasi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IL.

Saya akan menjawab pertanyaan Anda.

Sakit perut adalah suatu kondisi nyeri yang dirasakan antara tulang iga terbawah dan tulang panggul. Rasa nyeri dapat berupa rasa perih, keram, kembung, rasa tertusuk atau mulas. Adapun penyebab sakit perut pun dapat di bagi sesuai dengan sensasi nyeri dan lokasi nyeri yang dirasakan, yaitu :

  • Nyeri di seluruh lapangan perut, dapat terjadi akibat trauma atau infeksi saluran kemih
  • Nyeri terlokalisir ; seperti usus buntu nyeri akan dirasakan pada perut kanan bawah, masalah pada empedu akan menyebabkan nyeri di kanan atas, dan nyeri bagian ulu hati dapat dikaitkan dengan maag dan tukak lambung.
  • Kram perut, seringkali disebabkan oleh gas dan perut kembung, diare dan menstruasi pada wanita
  • Nyeri kolik; nyeri yang hilang timbul

Untuk mengurangi keluhan, Anda dapat melakukan beberapa hal di rumah, seperti :

  • Mengkompres perut dengan air hangat
  • Kurangi makanan bergas dan tinggi lemak
  • Konsumsi minuman hangat
  • Hindari makan dalam porsi besar dalam satu waktu

Apabila keluhan belum berkurang, bila keluhan disebabkan oleh gas atau kembung, Anda dapat mengkonsumsi obat berbahan simeticon, dan nyeri ulu hati dengan antasida. Apabila disebabkan karena hal lainnya seperti keram menstruasi, Anda dapat mengkonsumi paracetamol.

Konsultasikan dengan dokter apabila nyeri perut memberat, berlangsung terus menerus, disertai demam, mual/muntah hebat, dan gangguan BAB untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Syarifah Chaula Amrina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelola stres menjadi salah satu cara mengatasi maag yang ampuh.

Cara Mengatasi Maag yang Ampuh dan Aman untuk Dilakukan

Jangan pernah meremehkan penyakit maag. Sebab jika dibiarkan, maka gejalanya bisa terasa lebih parah lagi. Sayangi diri Anda dengan memahami dan melakukan beberapa cara mengatasi maag, yang tidak rumit ini.