Apa penyebab perut terasa kencang dan panas?

MF Info Penanya: MF, Pria
Maaf dok saya mau tanya, bapak saya sakit hampir 2 bulan. Sakit yg di rasakan itu perutnya kencang seperti kaya di pompa dan perutnya terasa panas.. Sudah di bawa ke doktor tapi doktornya ngak bilang sakit apa, saya ngak tega lihatnya dok.. Mungkin doktor tau obat herbal atau sejenisnya.. Makasih dok..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang,

Perut yang kencang dan terasa panas bisa timbul karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah gangguan pencernaan seperti penyakit asam lambung, iritasi usus, gangguan pankreas, gangguan hati ataupun kemungkinan lainnya. 

Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari seperti pola makan, obat yang dikonsumsi, aktivitas fisik ataupun lainnya. Jadi perlu diperhatikan agar makan dengan teratur, hindari makanan pedas, asam, bersantan, berminyak, ataupun minuman yang berkafein seperti kopi atau minuman bersoda. Hindari juga sembarangan minum obat terutama obat pereda nyeri.

Jika memiliki kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol juga perlu dihentikan. Upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi antasida sebelum makan, konsumsi air rebusan jahe, susu rendah lemak ataupun air kelapa.

Jika keluhan masih sering timbul, baiknya periksakan pada dokter spesialis penyakit dalam untuk memastikan penyebabnya. Nantinya bisa dilakukan serangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, pemeriksaan tambahan seperti USG, lab darah dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat cacing sangat efektif untuk mengobati cacingan, asal sesuai dengan jenis cacing yang memicu infeksi

Minum Obat Cacing untuk Obati dan Cegah Cacingan

Penyakit cacingan masih cukup banyak pengidapnya di Indonesia. Kondisi ini sebaiknya segera ditangani karena bisa menyebabkan kurang gizi dan komplikasi lainnya. Mengonsumsi obat cacing adalah langkah yang sangat efektif untuk mengatasi cacingan. Bisa dilakukan untuk membasmi cacing dalam usus maupun sebagai langkah pencegahan cacingan.