Perut sering kembung dan nyeri setelah makan?

MG Info Penanya: MG, Wanita, 27 Tahun
Mau nanya kalau perut sering kembung dan sakit itu karna apa? Biasanya setelah makan malah makin kembung
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MG

Terima kasih atas pertanyaannya. Keluhan yang anda rasakan akibat peningkatan gas dari lambung. Biasanya karena sesuatu yang dimakan atau diminum memberi iritasi pada lambung. Beberapa contoh adalah kopi, soda, alkohol, makanan berminyak atau terlalu berbumbu. Setelah terjadi iritasi, asam lambung meningkat jumlahnya dan mengakibatkan produksi gas. Sehingga perut terasa kembung dan begah.

Beberapa hal yang bisa anda ubah agar tidak sering kembung, selain makanan atau minuman yang saya cantumkan sebelumnya. Anda juga bisa makan dengan porsi kecil-kecil namun lebih sering. Jadi yang biasanya 3x sehari menjadi 5x sehari dengan porsi sedikit-sedikit. Makan juga jangan terlalu cepat dan sambil bicara.

Bila keluhan masih sering kambuh anda bisa diperiksa dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk evaluasi lebih lanjut.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa sakit pada bagian atas kiri perut hingga nyeri ulu hati bisa menjadi ciri-ciri sakit maag atau gastritis

Nyeri di Ulu Hati, Apakah Ciri-Ciri Sakit Maag?

Sakit maag atau gastritis adalah peradangan dan iritasi di tukak lambung. Sakit maag sangat umum dialami banyak orang yang disebabkan oleh pola makan tidak teratur, stres, kafein berlebih, konsumsi alkohol.