Perut sering kedutan, apa penyebabnya?

N Info Penanya: N, Wanita, 19 Tahun
Halo dok, saya mau nanya kenapa yah perut saya ko sering kedutan tapi kadang² sih kadang sebelah kiri kadang jg kanan, itu kenapa ya dok? Mohon penjelasan nya makasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NIK,

Kedutan pada perut bisa timbul karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah masalah otot seperti kontraksi otot, masalah pencernaan seperti gangguan maag, iritasi usus, konstipasi, masalah psikis seperti cemas dan stres dan lainnya.

Untuk itu perlu perhatikan ada gejala lain tidak, yang timbul seperti nyeri perut, mual, muntah, memar atau gejala lain.

Untuk sementara bisa dilakukan beberapa cara untuk mengatasinya seperti:

  • Perbaiki pola makan
  • Perbanyak sayur dan buah
  • Perbanyak minum air putih
  • Kelola stres
  • Bisa lakukan kompres jika timbul nyeri
  • Olahraga teratur seperti latihan otot perut

Jika keluhan tidak bisa dijelaskan, ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter untuk dipastikan apa penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Bisa nantinya dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, USG, foto rontgen ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lebih sering buang air besar jelang melahirkan merupakan tanda-tanda akan melahirkan.

Siapkan Diri Anda Bila Alami Tanda-tanda Akan Melahirkan Ini

Sering buang air besar menjelang melahirkan merupakan salah satu tanda-tanda akan melahirkan. Selain itu, tanda-tanda lainnya berupa sakit punggung, pecah ketuban, dsb.