Perut sakit seperti ditusuk tusuk karena apa?

MM Info Penanya: MM
Perut saya sakit seperti ditusuk-tusuk kenapa ya dok? Obatnya apa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MM,

Sakit perut seperti ditusuk-tusuk adalah gejala yang bisa timbul akibat beragam penyebab seperti diantaranya gangguan pencernaan, penyakit asam lambung, infeksi saluran pencernaan, iritasi usus, kram otot, ataupun bisa disebabkan organ lain. Untuk itu perlu perhatikan lokasi dan karakter nyeri yang timbul, pemicu yang menimbulkan sakit perut, ataupun kondisi yang meringankannya agar membantu dokter untuk memastikan penyebabnya. 

Tidak jarang juga kebiasaan sehari-hari bisa menjadi pemicunya seperti pola makan yang tidak teratur, kebiasaan melewatkan waktu makan, ataupun makanan yang dikonsumsi dimana bisa mengiritasi lambung dan meningkatkan kadar asam lambung seperti makanan pedas, asam, ataupun minuman seperti kopi dan soda.

Untuk sementara bisa konsumsi antasida sebelum makan setidaknya 15-30 menit agar bisa mengurangi rasa sakit perut dan menurunkan kadar asam lambung yang timbul. Jika keluhan masih sering timbul keluhan ada baiknya untuk diperiksakan pada dokter ataupun dokter spesialis penyakit dalam agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, USG ataupun endoskopi untuk bisa memastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit perut perlu diketahui agar paham kapan harus menghubungi dokter

Kenali Penyebab Sakit Perut agar Dapat Penanganan yang Tepat

Penyebab sakit perut bermacam-macam bentuknya, biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan, sembelit, infeksi perut, atau kram saat menstruasi bagi wanita. Sakit perut juga dapat disebabkan oleh penyakit, seperti IBS, Crohn, keracunan makanan, alergi makanan, hingga GERD.