kenapa perut sebelah kiri saya sakit seperti ditusuk-tusuk?

A Info Penanya: A, Wanita, 16 Tahun
hai dok! perut saya sebelah kiri sakit sudah 2hari ini rasanya seperti ditusuk tusuk buat gerak juga sakit itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sakit perut sebelah kiri bisa di sebabkan oleh beberapa penyebab diantaranya :

  1. Gastritis / Maag
    Penyakit pada lambung yang terjadi akibat peradangan dinding lambung. gejala lain dari gastritis rasa sakit perut seperti di tusuk-tusuk, nyeri yang terasa panas dan perih pada bagian uluhati, perut kembung, mual muntah, hilang nafsu makan.
  2. GERD / Penyakit asam lambung
    Kondisi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan (esofagus). Gejalanya sensasi panas di perut bisa menyebar ke dada, seperti ditusuk, timbul rasa asam atau pahit dimulut dan sakit tenggorokan.
  3. Konstipasi
    Kondisi sulit buang air besar, seperti tidak bisa buang air besar sama sekali atau tidak sampai tuntas. Gejalanya sakit perut , mual, kembung, dan rekadang rasa menganjal pada anus.

Untuk meringankan gejala perut yang Anda, bisa dilakukan kompres hangat pada bagian yang nyeri, makan makanan yang sehat dan bergizi dan bertekstur lunak, jangan terlambat makan, hindari makanan yang asam, berlemak dan pedas, minuman bersoda dan berkafein, perbanyak konsumsi air putih, istirahat cukup, olahraga ringan dan teratur, kelola stress dengan baik. Jika dengan cara diatas keluhan Anda belum membaik sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menopause pada pria, mekanismenya sangat berbeda dengan wanita

Menopause pada Pria, Apa Bedanya dengan Wanita?

Tidak hanya pada wanita, menopause pada pria juga bisa terjadi. Namun tentunya, cirinya akan berbeda. Impoten serta pembesaran payudara pada pria, meruapakan tanda yang cukup khas.