07 Jan 2021, 19:06Perut

Sakit perut, apa penyebabnya?

NM
Info Penanya: NM, Wanita, 16 Tahun
Halo dok,saya mau tanya,perut saya setiap hari sakit,bangun tidur perut keram melilit,sering sesak nafas jd berat,lemas dan sakit kepala sampai bangun pun tidak kuat.penyebab nya apa ya dok?
121 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang NTerima kasih atas pertanyaan AndaSakit perut adalah kondisi saat seseorang merasakan rasa yang tidak nyaman pada perut bisa berupa rasa tertusuk, nyeri hebat, nyeri menetap atau nyeri yang dirasakan hilang timbul. Penyebab dari sakit perut beragam mulai dari riwayat cedera hingga adanya masalah pada organ yang terdapat pada rongga perut.

Beberapa kondisi penyebab sakit perut:

  • Nyeri otot-otot penyusun dinding perut. Kondisi kram otot bisa terjadi ketika seseorang melakukan aktivitas eblebihan (kelelahan) atau karena adanya cedera.
  • Kondisi kesehatan lambung seperti gastritis, GERD, tukak lambung dan lain sebagainya
  • Kondisi kesehatan pencernaan lain seperti gastroenteritis, radang usus buntu 
  • Masalah pada saluran kemih seperti batu ginjal, infeksi saluran kemih 
  • Masalah kesehatan pada organ reproduksi
Terkait dengan apa yang Anda rasakan, jika keluhan disertai dengan rasa yang tidak nyaman saat bernapas, sakit kepala, mual muntah dan beberapa keluhan lain salah satunya bisa karena msasalah kesehatan lambung. Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menjaga pola makan tetap teratur, hindari makanan yang mencetuskan peningkatan asam lambung (seperti kopi, makanan pedas, makanan asam dan lain-lain), pastikan Anda tidak langsung tidur/berbaring setelah makan, biasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan sabun dan air mengalir, atasi stres, dan lakukan istirahat cukup. Apabila keluhan ini tidak membaik, segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang. Sehingga akan diketahui penyebab pasti dari keluhan Anda apakah karena masalah lambung atau karena kondisi medis yang lainnya kemudian Anda akan mendapatkan tatalaksana yang sesuai.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
asam lambunggerdsakit peruttukak lambung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil