Perut keras dan sakit serta miss V selalu basah, apa penyebabnya ?

PA Info Penanya: PA
Pagi dok saya mau tanya. Kondsi prut sya keras jika di tekan pelan aja udah sakit itu kenapa yah dok terus miss v sllu basah ada apa yah dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, PA.

Perut yang keras dan sakit dapat terjadi karena berbagai faktor dan kondisi medis. Umumnya faktor dan kondisi medis tersebut berhubungan dengan organ-organ dalam rongga perut yang salah satunya adalah alat reproduksi. Biasanya setiap gangguan organ yang menimbulkan keluhan nyeri disertai pula dengan keluhan lainnya yang berhubungan.

Seperti keluhan lainnya yang Anda alami, keadaan miss V atau vagina yang basah umumnya terjadi ketika vagina mengeluarkan cairan yang bukan merupakan urine atau darah menstruasi. Keadaan tersebut umumnya dikenal dengan sebutan keputihan. Keputihan sendiri secara alami terdapat di dalam vagina sebagai cairan pelembap dan pelindung dari iritasi. Namun pada keadaan tertentu, keputihan dapat berubah menjadi abnormal. Salah satu faktor penyebabnya yang sering terjadi adalah infeksi.

Mengenai keluhan perut yang keras dan sakit pada Anda, yang disertai dengan adanya vagina basah atau mengalami keputihan dapat terjadi karena adanya gangguan pada alat reproduksi. Namun untuk memastikannya, dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli. Untuk sementara, gantilah pakaian dalam lebih sering, konsumsi sumber probiotik dan mengompres hangat bagian perut yang nyeri. Jika nyeri semakin memberat ada baiknya untuk tidak menunda memeriksakan diri ke dokter Kadungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut sebelah kiri bawah dapat disebabkan oleh nyeri haid.

7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah

Sakit perut sebelah kiri bawah disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti diverkulitis, hernia, nyeri haid, maag, batu ginjal, gas di saluran pencernaan dan konstipasi.