10 Sep 2019, 21:41

Perut sakit dan perih di bagian ulu hati

R
Info Penanya: R, Wanita, 17 Tahun
Dokter saya ingin bertanya jika perut sakit dan perih di bagian uluh hati itu kenapa ya? Sakit perutnya terjadi terus menerus setiap detik sudah 2 hari dan berobat di puskesmas tidak ada perubahan, dan makin lama makin sakit dan badan lemas, migran, mual dan jarang BAB
51651 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang R,Nyeri ulu hati dapat ditimbulkan oleh beberapa penyebab seperti adanya penyakit atau dipicu oleh gaya hidup sehari-hari. Penyebabnya sendiri diantaranya adalah:
  • Penyakit asam lambung
  • Adanya penyakit maag atau dapat berlanjut menjadi timbulnya luka pada dinding lambung
  • Stres atau cemas
  • Infeksi saluran pencernaan
  • Gangguan jantung
  • Gangguan organ lain disekitar ulu hati seperti pankreas dan saluran empedu
  • Konstipasi atau sulit bab
Timbulnya gejala juga dipicu gaya hidup seperti makan tidak teratur, sering melewatkan waktu makan, makan-makanan yang memicu timbulnya nyeri seperti makanan pedas, asam, berlemak, santan, berminyak atau seperti minuman bersoda dan berkafein, kurang istirahat, stres dan pemicu lain.Untuk itu apabila sudah berobat, ikuti pengobatan sesuai anjuran ditambah mengubah gaya hidup untuk membantu meredakan gejala yang ada dengan makan lebih teratur, hindari makanan pemicu timbulnya nyeri, kelola stres dengan baik, perbanyak minum air putih dan makan makanan berserat, dan kembali periksakan pada dokter jika tidak membaik. Anda juga dapat memeriksakan diri lebih lanjut pada dokter spesialis penyakit dalam jika keluhan tidak juga membaik. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
asam lambungmaagkonstipasigangguan pencernaandispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil