Perut sakit buat makan dan keram

F Info Penanya: F, Pria, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, perut saya kalo buat makan sakit dan yang saya rasakan sekarang adalah perut saya keram .. sakit apakah itu dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi F

Sakit perut dan keram merupakan tanda adanya masalah pada sistem pencernaan, saat makanan masuk jika terdapat perlukaan dan sumbatan bisa memicu sakit, keluhan lain yang juga mungkin timbul adalah mual muntah, gangguan sulit buang air besar dan diare. 

Sakit perut keram yang timbul tersebut bisa jadi tanda gangguan iritable bowel sindrom, menjadi salah satu tanda kelainan fungsional akibat usus mengalami iritasi.

Saya sarankan agar anda mengkonsumsi makanan yang lunak dan berserat agar mudah dicerna usus, anda bisa juga mengkonsumsi probiotik dan susu. ika sakit perut ini sudah sering berulang disertai gangguan sulit buang air besar, tidak bisa buang angin atau buang air besar berdarah, berat badan yang semakin turun, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab sakit perut perlu diketahui agar paham kapan harus menghubungi dokter

Kenali Penyebab Sakit Perut agar Dapat Penanganan yang Tepat

Penyebab sakit perut bermacam-macam bentuknya, biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan, sembelit, infeksi perut, atau kram saat menstruasi bagi wanita. Sakit perut juga dapat disebabkan oleh penyakit, seperti IBS, Crohn, keracunan makanan, alergi makanan, hingga GERD.