09 May 2021, 19:28Kandungan

Belum haid setelah berhubungan seks, apakah bisa hamil?

AA
Info Penanya: AA0
Hallo dok saya mau tanya,. Bulan kemaren sya haid tagl 6 sblm sya haid sya melakukan hubungan intim dengan suami sya dan bulan ini saya blm haid juga apa bisa hamil?
200 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertanyaan AndaHaid terjadi rutin pada wanita dengan siklus normal 21 - 35 hari. Terlambat haid pada wanita salah satunya bisa karena hamil, terlebih jika ada riwayat berhubungan seksual. Untuk bisa terjadi kehamilan perlu dilakukan hubungan seks dengan pria mengeluarkan sperma (ejakulasi) di dalam vagina untuk memudahkan bertemunya sperma dengan sel telur wanita. Perlu diketahui bahwa selain hamil, terlambat haid juga bisa terjadi karena beberapa penyebab lain. 

Penyabab terlambat haid pada wanita selain hamil adalah:

  • Hormon-hormon tubuh yang tidak seimbang
  • Emosi yang tidak stabil
  • Kelelahan fisik akibat aktivitas berat
  • Obesitas
  • Penyakit pada organ reperoduksi
  • Pengaruh pemakaian KB
  • PCOS
  • Stres
Terkait denagan apa yang terjadi pada Anda, karena ada riwayat berhubungan seksual maka tetap ada kemungkinan untuk terjadi kehamilan. Sehingga, lakukanlah tes kehamilan untuk tahu apakah Anda sedang hamil ataukah tidak. Jika hasilnya negatif, maka penyebab terlambat haid bisa terjadi karena penyebab lain yang sudah disebutkan di atas. Tetap jaga kebersihan area kemaluan, hindari stres, istirahat cukup, jaga berat badan ideal, konsumsi makanan bergizi, dan olahraga ringan dengan rutin agar tubuh tetap sehat. Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan bila siklus haid masih tidak lancar dan atau ada keluhan pada kesehatan organ rerpoduksi wanita.Semoga beramanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekshamilhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil