22 Mar 2021, 15:44Perut

Sakit perut setelah menstruasi?

DH
Info Penanya: DH0
Hallo Dok saya della umur saya 18 thn saya mau bertanya kenapa pms saya tanggal 13 Febuari dan ketemuan lagi tanggal 13 Maret tapi lancar sampai 7 hari dan skrng perut saya kerasa tidak enak duduk pun sakit pinggang sakit itu kenapa ya dok?
192 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Malam DH,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Menstruasi merupakan suatu proses dimana meluruhnya dinding rahim ketika tidak dibuahi. Proses ini biasanya berlangsung setiap bulan sekali. Dengan siklus yang berbeda-beda setiap wanita. Rata-rata wanita mengalami siklus menstruasi selama 28 hari. Namun ada juga wanita yang mengalami menstruasi selama 21-35 hari. Terkait keluhan nyeri perut yang terjadi setelah menstruasi, jika yang Anda maksud sakit perut di bagian bawah dan pinggang. Hal ini bisa berhubungn dengan hormon esterogen dan progesteron, serta hormon yang berhubungan dengan rasa nyeri yaitu protaglandin.

Beberapa kemungkinan penyakit yang bisa terjadi :

  • Penyakit radang panggul
  • Kista ovarium
  • Bagian dari dismenorea
  • Endometriosis
  • Dan penyakit organ reprosuksi lainnya
Jika sakit perut berlangsung terus menerus, sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dokter akan melakukan anamnesis, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG jika di perlukan. Anda juga bisa berkonsultasi secara online chat ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
menstruasisakit perutendometriosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil