27 Nov 2020, 21:43Pernapasan

Penyebab produksi dahak berlebih

HH
Info Penanya: HH0
Malam dok saya mau tanya kenapah ya saya berlebihan dahak di dada suka sakit maav. Kalo ga di buat bikin sesak . Dan rasa malu kalo mau di buang dahak karna mengeluarkan suara . Dan ada asam lambung juga sekarang ini saya lagi ngerasain sesak pernafasan nya dan perut terasa sakit kembung dan melilit ga tau salah nya di mana.dan naik ke uluh ati dok Tolong solusinya dok terimakasih
231 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo H,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Dahak terbentuk oleh tubuh berfungsi untuk mengeluarkan virus dan bakteri yang masuk ke saluran nafas. Produksi dahak yang berlebihan dapat mengganggu masuk dan keluarnya udara dari paru-paru, sehingga menyebabkan rasa sesak dan tidak enak di dada. 

Penyebab produksi dahak berlebih

  • Infeksi saluran nafas
  • Reaksi terhadap benda asing seperti debu, atau benda kecil yang masuk ke saluran nafas
  • Reaksi alergi. Reaksi alergi setiap orang berbeda-beda salah satunya terjadi batuk dengan produksi dahak. Dapat dicetuskan oleh debu, asap, atau makanan. 
  • TBC
  • PPOK (penyakit paru obstruktik kronik)
Penyebab sakit dan rasa tidak enak di dada Anda juga dapat disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebih. Untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi obat magh sebelum makan. Anda juga harus mengubah pola makan anda, perut tidak boleh kosong, harus selalu berisi makanan dalam porsi kecil. Hindari makanan yang meningkatkan asma lambung seperti kopi, soda, teh, makanan asam dan pedas.Jika nyeri di dada Anda seperti ditimpa beban berat yang semakin lama menjalar ke rahang dengan rasa leher tercekik, disertai keringat banyak, mual, dan muntah, segera ke dokter untuk dilakukan pmeriksaan jantung.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
tbcppokdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil