Nyeri perut kiri, apakah berhubungan dengan ambeien?

MA Info Penanya: MA, Wanita, 20 Tahun
Dok saya mau tanya ayah saya menderita ambeien dan seminggu yang lalu mengeluarkan darah, tapi sekarang tidak lagi . Tapi perut ayah saya bagian kiri bawah terasa sakit dan nyeri , itu kenapa ya dok dan apa obatnya ?? Ayah saya sudah periksa ke dokter dan sudah di beri obat tetapi tidak ada perubahan sampai sekarang perut sebelah kiri nya masih terasa sakit Tolong di bantu ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MAP.

Nyeri perut kiri bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, baik otot maupun organ-organ yang ada di dalamnya seperti lambung, usus, usus buntu, maupun ginjal. Nyeri bisa dirasakan ringan sampai berat, dan bisa menetap ataupun hilang timbul. Terkadang, rasa nyeri akan disertai dengan gejala lain, misalnya mual, diare, ataupun nyeri buang air kecil.

Sedangkan ambeien, atau dalam bahasa medis dikenal dengan hemoroid, adalah kondisi ketika ada pelebaran pembuluh darah di daerah rektum atau anus. Apabila tinja mengeras dan perlu usaha mengedan yang lebih kuat, maka darah bisa keluar dan menetes.

Terkait pertanyaan Anda, biasanya ambeien tidak menyebabkan nyeri perut kiri, ya. Oleh karena itu, kemungkinan ini adalah dua penyakit yang berbeda. Untuk sementara, berikut beberapa hal yang sebaiknya Anda sarankan kepada ayah di rumah:

  • Mengonsumsi air putih yang cukup, agar tinja tidak keras
  • Mengonsumsi serat dari buah dan sayur-mayur untuk memperlancar buang air besar
  • Mengompres perut bagian kiri dengan air hangat
  • Beristirahat cukup dan hindari aktivitas berat terlebih dahulu

Apabila keluhan tidak membaik, segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG perut. Nantinya, akan dievaluasi berdasarkan hasil dan ditentukan penyakit ayah Anda. Setelah itu, akan diberikan obat yang sesuai ataupun tindakan bedah, apabila diperlukan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh PR
20 Aug 2020, 23:26
iya saya juga punya kasus yg sama dok...tlg dijwb mksh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
21 Aug 2020, 11:28
Selamt siang PR.
Jika Anda memiliki gejala yang serupa, segeralah periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk dilakukan pemeriksaan sehingga Anda mendapatkan tatalaksana dan terapi yang sesuai.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Efek minum kopi pada setiap orang berbeda-beda, tergantung bagaimana tubuh bereaksi terhadap kandungan kafein

Tak Hanya Bikin Ingin ke Kamar Mandi, Ini Efek Minum Kopi Bagi Tubuh

Efek minum kopi bervariasi mulai dari membuat lebih waspada, mood membaik, hingga muncul keinginan ke buang air. Semua tak lepas dari kandungan kafein di dalamnya.