Penanganan usus buntu tanpa operasi, apakah bisa ?

MS Info Penanya: MS, Wanita, 17 Tahun
Dok, bagaimana cara atau obat untuk menghilangkan usus buntu (6 ml) tanpa harus operasi. Ibu saya sudah minum obat dari rumah sakit tapi rasa sakitnya tidak kunjung hilang. Terimakasih sblmnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Usus buntu merupakan bagian tubuh yang terdiri dari jaringan berbentuk tabung dengan ukuran panjang kurang lebih 10 cm di ujung awal usus besar. Setelah semakin banyak dilakukan penelitian, usus buntu dipercaya memiliki fungsi beberapa fungsi seperti, tempat untuk berkembangnya bakteri baik, sebagai bagian dari organ sistem imun, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Akan tetapi pada keadaan tertentu, seperti hal nya organ-organ tubuh lainnya, usus buntu juga dapat mengalami masalah khususnya peradangan atau yang disebut dengan apendisitis. Keadaan tersebut terjadi karena adanya penyumbatan pada usus buntu yang dipicu oleh beberapa faktor.

Berikut faktor-faktor pemicu sumbatan usus buntu tersebut tersebut :

  • konstipasi
  • infeksi parasit
  • tertelannya objek keras tertentu yang terperangkap di usus buntu
  • trauma atau benturan yang mengakibatkan cedera pada perut 
  • adanya pemebesaran jaringan limfatik di usus buntu

Terkait dengan keluhan yang dialami Ibu Anda dan pertanyaan Anda tentang penanganan usus buntu, pada dasarnya infeksi yang terjadi pada usus buntu akan diobati dengan antibiotik. Namun, jika keadaan infeksinya sudah parah, umumnya tidak dapat hanya ditangani dengan obat. Diperlukan prosedur tindakan tertentu berupa operasi karena jika tidak, usus buntu ini bisa pecah dan infeksinya bisa menyebar ke seluruh perut saat pecah. Hal tersebut menyebabkan komplikasi yang dapat berujung pada kematian jika tidak tertangani dengan cepat. Nyeri yang dirasakan oleh Ibu Anda jika semakin memberat dapat merupakan suatu indikasi peradangan dan infeksi yang memberat. Ada baiknya dipertimbangkan untuk segera operasi karena dikhawatirkan telah mengarah pada komplikasi.

Berikut saya lampirkan artikel mengenai operasi usus buntu sebagai gambaran dan bahan pertimbangan untuk Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)