Mengapa saat bangun tidur perut terasa lapar?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 1 Tahun
Kenapa ya dok klo bngun tidur suka laper tpi lapernya aneh suka muncul keringat terus perut sprti kosong pkona bagian perut susah dijlaskan air liur pun terasa sprti mau muntah bawaanya eneg klo ngedadak laper banget,wajar gk si dok laper gtu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Perut terasa lapar saat bangun tidur merupakan suatu kondisi yang hampir dialami oleh setiap orang. Kondisi perut yang seperti ini akibat perut kosong setelah semua makanan dicerna. Pada orang yang memiliki kondisi maag, biasanya akan lebih sering mengalami hal seperti ini. 

Kondisi yang Anda alami ini bisa jadi akibat asam lambung yang meningkat karena kondisi perut yang kosong. Asam lambung yang meningkat ini menyebabkan keringatan, perut terasa lapar, air liur berlebih, dan terasa mual. Ini wajar terjadi. 

Untuk mengatasinya, jika saat Anda tidur dan perut Anda terasa tidak nyaman seperti kelaparan, sebaiknya Anda bangun dan makan sesuatu seperti cemilan atau buah-buahan. Lalu, saat bangun tidur, usahakan untuk minum air hangat terlebih dahulu dan segera sarapan seperti roti, oatmeal, sereal, dll. Jangan makan makanan yang berat dulu. 

Jika tidak ada perubahan dan mengganggu aktivitas Anda, saya sarankan untuk lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diperiksa secara langsung dan diberikan  terapi yang tepat.

Salam  sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan mandi setidaknya dua kali sehari

3 Langkah Menjaga Kebersihan Diri agar Terhindar dari Penyakit

Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, terutama dengan mandi, mencuci tangan, dan menggosok gigi. Apa manfaat menjaga kebersihan? Berikut penjelasannya.