Perut mual nyeru ulu hati dan terasa lemas pada GERD

A Info Penanya: A, Pria, 23 Tahun
Selamat sore dok, dada saya sering berdebar2 dok, dan perut sering mual, perih, ulu hati saya juga sering terasa nyeri, bagian bawah dada sebelah kana kdang juga terasa tidak nyaman dok, badan lemes, saya sebelumnya memang punya gerd, apa semua yang saya rsakan dalam tubuh saya juga merupakan efek dari gerd tersebut dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A

Keluhan nyeri ulu hati, mual, nyeri dada bagian bawah dan lemas dapat menjadi tanda penyakit GERD atau gastroesophageal reflux disease. Kondisi ini terjadi akibat iritasi asam lambung yang refluks ke esofagus karena kelemahan katub esofagus lambung. Kondisi ini terjadi akibat beberapa faktor seperti stress, kegemukan, merokok, alkohol, dan bersifat idiopatik atau tidak diketahui.

Untuk tatalaksana saya sarankan agar anda menurunkan berat badan jika gemuk, hindari terlambat makan, makan dalam jumlah sedikit tapi sering, hindari makanan asam, pedas dan panas. Setelah makan sebaiknya jangan langsung tidur, jika tidur posisikan tubuh setengah duduk. Anda juga harus menghindari stress dan lakukan olahraga rutin.

Untuk tatalaksana obat obatan biasanya akan diberi sucralfat, prokinetik domperidon , obat ppi seperti omeprazol. Anda juga perlu memeriksakan diri dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD) dan perlu dievaluasi endoskopi, penyakit GERD harus diterapi dengan serius karena iritasi esofagus akibat reflusk asam lambung dapat memicu luka pada esofagus yang menjadi faktor pemicu kanker esofagus. 

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah alpukat tidak akan memicu naiknya asam lambung

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Ada beberapa jenis buah untuk asam lambung yang aman maupun yang tidak bersahabat. Sebaiknya, hindari buah-buahan yang bersifat asam.