13 May 2020, 04:37Perut

Perut tidak nyaman dan mual, apakah maag kambuh?

FN
Info Penanya: FN, Pria, 19 Tahun
Selamat pagi dokter, saya ingin bertanya soal keluhan saya. Sudah 4 hari saya merasa perut saya mual dan kadang perih juga, kemudian badan juga lemas dokter. Saya punya maag juga dok dan belakangan ini stres berkepanjangan. Kira kira apa penyebabnya ya dok dan obat yang bisa saya minum apa ya? Terima kasih banyak.
22182 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, FN.Terima kasih atas pertanyaan Anda.Maag atau dalam istilah medis sering disebut dengan istilah gastritis merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada lapisan lambung yang disebabkan oleh infeksi bakter. Pada kondisi tertentu, maag dapat menyebabkan luka pada dinding lambung. Gejala yang muncul pada umumnya berupa rasa tidak nyaman pada perut dan ulu hati, mual dan muntah, gangguan pencernaan, nafsu makan yang turun, perut terasa kembung, cegukan dan lain sebagainya.

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan gastritis adalah sebagai berikut ini:

  • Stres
  • Konsumsi obat anti nyeri yang berlebihan dan terlalu sering
  • infeksi virus dan atau bakteri
  • Konsumsi alkohol / kafein (kopi)
  • Adanya gangguan pada sistem pencernaan
Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, bisa disebabkan oleh adanya masalah pada sistem pencernaan berupa peningkatan asam lambung yang juga bisa menyebabkan GERD ataupun penyakit maag, terlebih bila anda sudah mempunyai riwayat maag sebelumnya.Tindakan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara menjaga pola makan yang teratur (tidak terlambat makan), konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung, hindari stres dan kelelahan, istirahat dengan cukup, cukupi kebutuhan cairan harian, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Jika keluhan dirasa tidak membaik segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai dengan keluhan yang Anda rasakan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
asam lambungmaagmual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil