28 May 2021, 09:51Perut

Sakit perut kanan bawah dan perut keras

AW
Info Penanya: AW0
Hallo dok, Saya Ayu . Umur saya 18 th, awal nya saya mempunya keluhan perut bagian kanan bawah saya sakit tapi suka berpindah tempat kadang keperut bagian kiri . dan pada saat malam hari kadang senua bagian perut bagian bawah saya sakit. tapai beberapa hari kni sudah mendingan . Yang saya skrg rasakan bagian ulu hati bawah suka eneg atau mual tapi tidak ingin muntah dan perut juga agak keras. dan saya skrg merasa buang buang air kecil terus .kira kira kenapa ya dok?
83 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam AWSakit perut kanan bawah bisa muncul karena adanya gangguan pada organ yang ada di bagian kanan bawah perut. terdapat usus besar, usus buntu, usus halus, indung dan saluran telur serta otot, tulang maupun sendi.

Gejala Pada Radang Usus Buntu

Namun bila sakit perut kanan bawah ini disertai dengan gangguan pencernaan lainnya bisa mengarah pada kemungkinan radang usus buntu atau appendisitis dalam bahasa kedokterannya. Berbagai gejala pada radang usus buntu adalah:
  • Nyeri perut bisa diawali dari tengah kemudian ke perut kanan bawah
  • Mual muntah
  • Nyeri ulu hati
  • Demam
  • Perut tegang atau kembung
  • Diare
  • Sering buang angin
Perut yang menegang ini menyebabkan tekanan pada kandung kemih sehingga membuat anda terus menerus buang air kecil. Radang usus buntu ini apabila tidak segera ditangani maka infeksinya bisa menyebar ke rongga perut. Perut yang keras menjadi salah satu tanda menyebarnya infeksi ke rongga perut.

Penyebab Lainnya Dari Sakit Perut Kanan Bawah

Namun sakit perut yang anda rasakan bisa juga disebabkan oleh infeksi saluran kemih dengan salah satu gejalanya sering buang air kecil, anyang-anyangan dan demam. Bisa juga disebabkan karena sembelit, diare atau iritasi usus dan gangguan lainnya pada pencernaan atau organ reproduksi.Untuk itu sebaiknya segera lakukan pemeriksaan USG ke dokter bedah untuk memastikan apakah gejala-gejala yang anda rasakan merupakan radang usus buntu atau penyebab lainnya. Sehingga anda bisa mendapat penanganan dengan tepat sesuai dengan penyebabnya.Sementara itu perbanyak konsumsi air putih, istirahat cukup, makan makanan bergizi dan mudah dicerna dan mengkonsumsi antasida sebelum makan untuk meredakan mual.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
infeksi saluran kencingsakit perutradang ususapendisitisusus buntu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil