Bagaimana cara mengatasi perut melilit?

TP Info Penanya: TP, Wanita, 20 Tahun
Apa sebab perut melilit dan bagaimna cara menyembuhkannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TP,

Perut yang melilit adalah gejala yang bisa ditimbul karena beragam penyebab, bisa karena gangguan pencernaan seperti infeksi saluran pencernaan, iritasi usus, peradangan usus, penyakit maag, penyakit asam lambung, keracunan makanan, alergi makanan, ataupun bisa karena penyebab lain seperti kram otot.

Untuk itu perlu perhatikan apa yang menjadi pemicunya, perlu menjaga pola makan agar tidak terlambat, hindari makanan yang memicu iritasi pada saluran pencernaan, ada gejala lain yang menyertai tidak seperti mual, muntah, diare ataupun keluhan lain.

Sakit perut melilit juga bisa timbul karena hormonal saat menjelang menstruasi sampai menstruasi selesai. Jadi untuk mengatasinya bisa konsumsi antasida sebelum makan, makan teratur, perbanyak minum air putih, bisa kompres bagian yang nyeri dengan air hangat, ataupun juga konsumsi obat pereda nyeri jika bukan karena penyakit asam lambung seperti paracetamol. 

Periksakan jika keluhan tidak juga membaik agar bisa dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut terasa panas umumnya disebabkan karena adanya gangguan kesehatan di saluran pencernaan

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan yang disebabkan karena pola makan yang salah, virus atau bakteri, atau terdapatnya penyakit tertentu.