Perut melilit, mencret apa yang harus dilakukan?

AS Info Penanya: AS, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya. Jadi sudah seminggu lebih ini perut saya sakit sekali, seperti melilit dan diare. Jadi setiap buang air besar itu perutnya sangat sakit sekali dan ini sudah berlangsung satu minggu lebih. Sebenarnya saya sakit apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Sore, A.

 

Kemungkinan yang anda alami adalah :

  • Gastroenteritis : Apakah itu gastroenteritis? Ini adalah kondisi dimana lambung dan usus mengalami peradangan. Gejala yang dialami adalah diare, saki perut, demam, sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi.
  • Disentri : Yaitu diare disertai dengan berdarah dan berlendir, nyeri perut dan kram.
  • Keracunan makanan : Sesuai namanya hal ini tentu dipicu oleh makanan yang terkontaminasi bakteri sehingga menyebabkan nyeri perut.


Saya sarankan sebaiknya Anda menemui dokter agar dapat diperiksa lebih lanjut Selain pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang mungkin akan dianjurkan oleh dokter (seperti tes feses dan tes darah) untuk mencaritahu penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan.

Tips untuk anda:

  • Minum 1-2 gelas oralit yang dapat dibeli diapotik atau dibuat sendiri dengan campuran ½ sendok teh garam dan 8 sendok teh gula pasir  atau anda cukup air putih setiap kali setelah diare dan muntah untuk mencegah dehidrasi.
  • Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, serta minuman bersoda dan asam.
  • Pilih jenis makanan yang bertekstur lembut seperti bubur
  • Menjaga kebersihan makanan dan minuman yang akan anda konsumsi
  • Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah makan.
  • Menjaga kebersihan alat makan ya

Saya sarankan anda tidak menunda ke dokter ya agar segera ditangani. Terutama jika terjadi lemas, BAB tidak berhenti dan nyeri perut hebat.

 

Salam Sehat

dr. Karlina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kelola stres menjadi salah satu cara mengatasi maag yang ampuh.

Cara Mengatasi Maag yang Ampuh dan Aman untuk Dilakukan

Jangan pernah meremehkan penyakit maag. Sebab jika dibiarkan, maka gejalanya bisa terasa lebih parah lagi. Sayangi diri Anda dengan memahami dan melakukan beberapa cara mengatasi maag, yang tidak rumit ini.