24 Dec 2020, 09:26Kandungan

Penyebab flek kecoklatan dan perdarahan dari vagina

IF
Info Penanya: IF0
Dok saya kang program KB mulai tgl 28 November tp Minggu kmren tgl 20 Desember saya ngeflek terus semalem perut saya kram sakit pinggang tiba2 keluar Kya gumpalan darah daging gtu.. itu knpa ya dok. Tolong bantu jawab dokk?
576 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo I,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Perdarahan dari vagina yang bergumpal disertai keluarnya daging atau jaringan bisa disebabkan oleh keguguran. Perdarahan ini juga dapat disebabkan oleh gangguan hormon karena penggunaan alat kontrasepsi hormonal yang menyebabkan perdarahan banyak dan bergumpal-gumpal.

Penyebab flek kecoklatan dan perdarahan dari vagina

Selain itu penyebab flek kecoklatan dan perdarahan dari vagina antara lain :
  • Penggunaan alat kontrasepsi non hormonal seperti IUD, maupun kontrasepsi hormonal yaitu pil KB esterogen, kombinasi esterogen dan progesteron, KB implan, KB suntik 3 bulan maupun KB suntik 1 bulan. Namun efek dari penggunaan alat kontarsepsi ini berbeda-beda di tiap wanita.
  • Menorraghia dimana menstruasi lebih banyak dari biasanya diikuti dengan perdarahan yang bergumpal. Menorraghia dapat menyebabkan wanita kekurangan darah. Untuk itu, konsumsi vitamin penambah darah untuk mencegah anemia dengan dosis 1x1 tablet sehari setelah makan.
  • Awal dari menstruasi atau premenstrual syndrome (PMS) dapat menimbulkan flek kecoklatan disertai nyeri pada perut yang diikuti dengan menstruasi banyak pada hari pertama dan kedua.
  • Keguguran atau abortus inkomplit dimana perdarahan diikuti pengeluaran sebagian jaringan dan diawali dengan telat haid sebelumnya. Abortus inkomlit ini juga disertai dengan nyeri perut.
  • Keguguran atau abortus komplit dimana perdarahan disertai pengeluaran seluruh bagian janin.
Jika sebelum terjadinya perdarahan dari vagina yang disertai keluar gumpalan darah beserta daging, Anda mengalami telat datang bulan, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack ataupun pemeriksaan USG baik transvaginal ataupun abdominal untuk hasil yang lebih jelas.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
keguguranmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil