Perut kram, dan menggeluarkan banyak darah seperti menstruasi

A Info Penanya: A, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya mau konsultasi,Awalnya saya mengalami perut kram dan keras,Udah 1 tahun enggak kb dan keluar bercak darah yg banyak seperti menstruasi Itu kenapa ya dok .
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Keluarnya bercak darah dari jalan lahir dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :

1. Faktor psikologis. Keadaan stres dapat mengakibatkan perubahan hormonal yang akan mempengaruhi siklus menstruasi.

2. Kanker serviks. Seseorang dengan keluhan kanker serviks akan mengalami keluhan seperti keluar darah dari jalan lahir diluar siklus menstruasi, keputihan, nyeri saat berhubungan seksual, penurunan berat badan, dll.

3. Myoma uteri/ kanker rahim. Pada fase awal akan dirasakan keluhan berupa perdarahan dari jalan lahir, teraba benjolan di perut bagian bawah, susah buang air besar, sering buang air kecil, dll.

4. Polip rahim. Dapat menyerang berbagai kalangan usia, namun lebih banyak menyerang wanita yang akan menopause atau sudah menopause.

Banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan perdarahan pada jalan lahir, dan hal tersebut dapat dibedakan dengan cara melakukan pemeriksaan USG perut. Bila perdarahan semakin banyak, dan disertai keluhan lain seperti teraba benjolan di perut, perut terasa sangat nyeri, maka segera periksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kutil kelamin merupakan gejala HPV yang muncul dua hingga tiga bulan setelah virus terjadi.

Kapan Seseorang Bisa Mengalami Gejala HPV Setelah Tertular?

HPV adalah penyakit yang menular lewat hubungan seksual. Gejala HPV tidak muncul segera, namun muncul semacam kutil di area kemaluan atau disebut kutil kelamin.