13 Oct 2020, 04:05Perut

Rasa tidak nyaman pada perut atas dan mual, mengapa?

MW
Info Penanya: MW, Wanita0
Permisi dok mau tanya ini kenapa perut saya kembung lalu saya rasa BAB tapi kaya BAB sedikit saja lalu saya juga rasa muntah tapi tdk bisa muntah gitu,dan perut saya itu suka berkutik di dalam saya juga sering lemas dan pusing, ini kenapa ya dok Makasi:)
480 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, MTerima kasih atas pertanyaan AndaRasa tidak nyaman dan nyeri pada perut terutama bagian atas disebut dengan istilah dyspepsia. Dyspepsia bukanlah suati diganosa namun merupakam sindrom. Oleh karena itu, terjadinya dyspepsia perlu diketahui penyebab pastinya seperti gastritis (radang pada dinding lambung) atau kerap dsiebut dengan maag, tukak lambung, GERD, atau karena adanya masalah pencernana yang lainnya.

Adapun tanda dan gejala pada dyspepsia adalah:

  • Rasa tidak nyaman pada perut setelah makan
  • Nyeri pada ulu hati
  • Mual 
  • Rasa panas terbakar pada perut atas
  • Rasa cepat kenyang padahal hanya makan dalam porsi yang sedikit
Dyspepsia umumnya terjadi karena faktor gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi makanan berlemak / pedas, konsumsi minuman bersoda / alkohol / kafein, riwayat mengonsumsi obat antinyeri dalam waktu lama tanpa pengawasan dokter, stres dan atau kecemasan, dan lain sebagainya. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyakit yang mendasari dari dyspesia yang terjadi pada diri Anda. Dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik dan bila perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan endoskopi. 

Beberapa saran untuk mencegah terjadinya dyspepsia adalah:

Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
asam lambungmaagmasalah pencernaangerdtukak lambungdispepsia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil