08 Jun 2020, 17:05Perut

Apakah penyebab rasa tidak nyaman pada perut saya?

AN*
Info Penanya: AN*0
Untuk dokter,,,, dok umur sya 17 tahun sya akhir akhir ini mrasa gk nyaman sama perut sya dok, rasanya seperti kembung dan ber-gas, sya search di internet dan sya merasa mungkin klo sya sakit ibs. gjalanya berupa: kembung,begah,gmetaran jantung berdetak cepat krena takut kena kanker usus smpai menjadi lemas, sya juga merasa seperti ada bunyi di perut sya tpi ga kentut,masalahny sya udh 2 hari merasa sperti ini dan bab saya sesuai jadwal,tidak sedikit,kuning,dan agak lembek.kntut tdak trlalu bau.
34516 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, FMTerima kasih atas pertanyaan Anda.Rasa tidak nyaman pada perut bisa disbeabkan oleh beebrapa hal tertutama disebabkan oleh sistem pencernaan. Dispepsia merupakan sebuah sindroma yang berupa rasa tidak nyaman terutama pada area perut bagian atas. Berdasarkan penyebabnya, dispepsia dibagi menjadi 2, yaitu:
  • Disipepsia organik
    • Biasanya disebabkan oleh Gastroesofageal reflux disease (GERD), tukak lambung, kanker, efek samping konsumsi alkohol dalam waktu yang lama dan sebagainya.
  • Dispepsia fungsional
    • Rasa nyeri yang tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang (endoskopi)

Adapun beberapa tanda dan gejala dari dispepsia adalah:

  • Cepat merasa kenyang dan rasa tidak nyaman pada perut
  • Rasa nyeri perut atas atau pada ulu hati terkadang pada tulang dada dan pusar
  • Kembung yang diikuti dengan rasa sesak karena penumpukan gas
  • Mual dan atau muntah
Terkait dengan keluhan yang Anda saat ini rasakan, bisa disebabkan oleh beberapa masalah pada organ pencernaan. Selain itu, pada saat anda cemas dapat meningkatkan produksi dari asam lambung yang dapat memunculkan keluhan dispepsia. Terkait dengan iritable bowel sydnrome (IBS), gejalanya baisanya lebih ke diare atau justru konstipasi. Untuk itu, usahakan untuk tetap konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan yg meningkatkan produksi asam lambung, usahakan makan teratur, hindari menunda jam makan, cukupi kebutuhan cairan, hindari stres dan istirahat dengan cukup.Segera sampaikan kepada kedua orang tua bila keluhan dirasa tidak membaik untuk segera diperiksakan ke dokter spesialis anak terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
asam lambungdispepsiaperut kembung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil