Perut kembung merasa sesak dan ada penyakit komplikasi

NT Info Penanya: NT, Wanita, 37 Tahun
Selamat sore dok...Ibu saya perut nya kembung makan banyak tapi ga mau BAB nya keluar dan dia juga punya penyakit diabetes dan jantung ginjal dan lambung sehingga dia merasa sesak nafas perut makin besar tapi ga buang air besar kalo diabetes nya dalam perawatan suster kaki nya mengalami pembusukan setiap 2 hari sekali ganti obat dan perban yg jadi masalah dia terus makan tapi ga bisa buang air besar dan ga kentut sampe merasa sesak nafas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NT,

Keluhan kembung dan sulit buang air besar adalah keluhan yang disebabkan oleh beragam kondisi baik masalah pencernaan, gangguan organ hati, gangguan ginjal ataupun kondisi kesehatan lain. 

Adanya penyakit seperti gangguan ginjal, jantung dan diabetes sendiri perlu dikelola baik dengan perbaikan asupan makan ataupun juga dengan obat-obatan yang perlu dikonsumsi setiap hati.

Tidak jarang konsumsi obat tesebut dapat menimbulkan efek samping salah satunya adalah pada saluran pencernaan terlebih jika memiliki riwayat penyakit asam lambung. Untuk sesak sendiri bisa dipicu oleh kondisi penyakit yang diderita baik gangguan jantung, gangguan ginjal dan juga penyakit lambung. 

Apabila tidak bisa buang angin atau kesulitan buang air besar dan buang air besar kurang dari 2 kali dalam seminggu bisa termasuk konstipasi. Apabila terjadi konstipasi perlu dilakukan penanganan dengan memberikan lebih banyak asupan serat baik mengonsumsi sayur dan buah ataupun dibantu dengan obat pencahar seperti sirup laktulosa dan juga mengonsumsi vitamin B6. 

Ada baiknya jika memeriksakan kondisi Ibu Anda pada dokter spesialis penyakit dalam apabila keluhan pencernaan tetap timbul ataupun lebih berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Risiko terhadap penyakit gula bisa ditekan dengan rutin melakukan aktivitas fisik

Jalani Pola Hidup Sehat untuk Hindari Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah penyakit kencing manis atau sakit gula, yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah. Tak hanya membatasi gula, pasien diabetes juga wajib melainkan total kalori yang dikonsumsi dan menjalani pola hidup sehat.