Perut kembung pada bayi premature

JF Info Penanya: JF
Apakah benar NEC adalah masalah kesehatan pada bayi lahir premature , menjadi lebih berisiko karena disebabkan oleh pemberian susu formula diluar ASI. Menyebabkan komplikasi sesak nafas yg bisa mengakibatkan kematian??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JF,

Necrotizing enterocolitis adalah adanya jaringan di saluran cerna yang mengalami nekrotik atau kematian jaringan. Kondisi necrotizing enterocolisitis atau NEC sendiri tidak diketahui pasti penyebabnya. Kondisi ini memiliki gejala seperti :

  • Perut bengkak
  • Kembung
  • Bayi muntah-muntah
  • Nyeri perut
  • Adanya darah di feses
  • Anak menjadi rewel
  • Tidak mau menyusu
  • Demam
  • Ataupun ditandai adanya perubahan pada tanda vital bayi.

Beberapa hal bisa meningkatkan risiko terjadinya NEC seperti bayi yang lahir prematur, kekurangan oksigen saat proses persalinan, adanya infeksi usus, bayi lahir dengan penyakit jantung bawaan, ataupun gangguan hati ataupun juga bisa dipengaruhi pemberian susu formula.

Komplikasi dari NEC sendiri cukup beragam mulai dari dapat terjadinya perforasi usus atau robekan usus sehingga terdapat lubang yang bisa memicu kotoran dari usus menginfeksi rongga perut atau disebut peritonitis, ataupun sampai memicu gangguan hati dan komplikasi infeksi yang lebih luas yang disebut sepsis. 

Untuk memastikan apakah bayi didiagnosa NEC, perlu dilakukan dulu pemeriksaan dimana tidak selalu bab berdarah dan kembung adalah disebabkan oleh NEC. Pemeriksaan sendiri bisa dilakukan dengan pemeriksaan lab darah, tes feses, pemeriksaan rontgen ataupun USG untuk memastikan penyebabnya.

Penanganan sendiri nanti akan tergantung dari kondisi penyakit baik pemberian obat untuk mengatasi infeksi ataupun juga jika diperlukan pemberian nutrisi tambahan melalui infus ataupun penggunaan alat bantu napas jika memang diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi pada vagina menjadi salah satu penyebab bayi lahir dalam kondisi prematur

Inilah Penyebab Kelahiran Bayi Prematur yang Mungkin Tidak Anda Sadari!

Bayi prematur yang lahir sebelum minggu ke-23 kehamilan, biasanya tidak dapat bertahan hidup. Sementara itu, bayi prematur yang lahir setelah minggu ke-28 kehamilan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi.