Perut kembung dan sendawa terus menerus, berapa lama penyembuhannya ?

MS Info Penanya: MS, Wanita, 19 Tahun
Pagi dok, saya ingin bertanyaa..Udah seminggu ini saya merasakan perut saya kembung, sesak nafas, juga sendawa terus meneru, dan kadang badan saya keringat dingin, jantung berdebar..Saya merasakan saat hari senin, awalnya saya minum kopi cappucino, tiba tiha badan saya keringat dingin dan lemas juga jantunf berdebar..Saya sudah kerumah sakit dan diberi obat lambung, namun sudah 2 hari ini kondisi saya belum membaik..Kira kira berapa lama saya akan sembuh dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, MS.

Perut kembung dan bersendawa dapat terjadi karena berbagai faktor yang umumnya berhubungan dengan banyaknya gas ataupun udara di dalam saluran pencernaan. Mulai dari keadaan yang ringan hingga yang lebih serius dapat memicu keluhan perut kembung. Salah satu penyebab yang umum terjadi adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang memicu penumpukan gas di dalam perut.

Mengenai keluhan perut kembung dan bersendawa terus menerus pada Anda yang disertai adanya sesak napas serta jantung berdebar kemungkinan terjadi karena riwayat konsumsi kafein pada kopi yang sebelumnya Anda lakukan. Pada orang tertentu konsumsi kafein dapat meningkatkan produksi asam lambung lebih banyak dan apabila berlebihan dan dikonsumsi dalam jangka panjang maka pada semua individu kafein dan zat lain pada kopi ini memang dapat memberikan permasalahan pada lambung dan berbagai sistem di dalam tubuh.

Terkait dengan pertanyaan Anda tentang waktu kesembuhan yang perlu ditempuh, akan bergantung pada seberapa berat gangguan yang dialami, seberapa adekuat pengobatannya, dan kepatuhan konsumsi obat pada Anda. Umumnya pada keadaan yang tidak ringan akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Ada baiknya untuk tetap menjalani saran dan anjuran dokter pemeriksa untuk mengonsumsi obat dan menghindari faktor pemicu kekambuhan. Jika hingga obat habis keluhan masih berlanjut, periksakanlah kembali kepada dokter Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum obat dengan teh memang dapat membantu menyamarkan rasa pahit dari obat yang dikonsumsi

Jangan Minum Obat dengan Teh Manis, Ini Penjelasannya

Untuk mengurangi rasa pahit yang muncul dari obat, sebagian orang memilih minum obat dengan teh sebagai pengganti air putih. Teh yang digunakan pun beragam, mulai dari teh manis hingga teh tawar. Lantas, apa bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan ini?