20 Aug 2020, 20:32Perut

Perut kanan atas sedikit lebih menonjol daripada kiri, normalkah?

N
Info Penanya: N, Wanita, 23 Tahun
Dok saya mau tanya, sudah hampir 3 bulan ini saya merasa perut kanan atas saya (diatas pusar sedikit) saat berdiri terasa lebih menonjol daripada yang kiri. Kalo di raba agak ke kanan lagi tidak selembek yang kiri. Saya sudah ke dokter dan dari perabaan dokter tidak dirasa ada apa apa. Tapi minggu depan saya akan melakukan usg abdomen takut kenapa2. Kira kira ini kenapa ya dok? Bab saya lancar dan normal dok. (Wanita 23tahun)
7913 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, N.Perut adalah bagian tubuh yang di dalamnya terdapat organ-organ penting seperti lambung, usus, hati, pankreas, ginjal, serta kantung empedu. Organ-organ tersebut dilapisi oleh otot, jaringan lemak, dan kulit. Apabila ada gangguan pada perut seperti nyeri, kram, rasa kembung, ataupun bentuk yang abnormal, maka mungkin disebabkan oleh satu atau lebih komponen di atas. Beberapa kemungkinan penyebab perut kanan yang lebih menonjol daripada perut kiri adalah:
  • Otot perut yang tidak simetris
  • Pembesaran hati
  • Pembesaran pankreas
  • Pembesaran kantung empedu
  • Hidronefrosis
Selain itu, bisa juga disebabkan oleh tulang rusuk dada yang menonjol ke depan, yang kadang tampak di bagian atas perut. Tetapi, apabila sudah diperiksa oleh dokter dan dikatakan tidak ada sesuatu yang bermasalah, maka bisa saja Anda mengalami kondisi gangguan hipokondriasis, yang menyebabkan rasa kekhawatiran dan kecemasan.Oleh karena itu, Anda boleh saja melakukan USG abdomen apabila ingin memastikan. Apabila benar ada gangguan, berarti hal tersebut memang tidak terdeteksi dengan pemeriksaan fisik dan akan sangat baik apabila telah diketahui. Jadi, Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lanjutan. Akan tetapi, apabila hasilnya normal, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada psikolog atau psikiater agar kecemasannya dapat ditangani dengan baik. Salam sehat,
dr Sylvia
latihan otot perutsakit perutperut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil