09 Sep 2021, 18:27Perut

Penyebab perut berdetak seperti ada nadi, apakah asam lambung meningkat ?

SA
Info Penanya: SA0
Hai dok saya mau nanya kenapa ya perut saya berdetak seperti ada nadi
449 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, S.Jantung berdetak dengan teratur dimana detak jantung normal sekitar 60 hingga 100 kali permenit. Detak jantung dapat bertambah cepat pada suatu kondisi seperti saat merasa cemas, ketakutan, sedang marah, habis melakukan aktifitas fisik maupun olahraga.

Apa yang menyebabkan perut berdetak seperti ada nadi ?

Detak jantung dapat teraba di dada maupun leher dan pergelangan tangan melalui pembuluh darah arteri. Namun terkadang detak jantung juga terasa di bagian tubuh tertentu termasuk perut. Beberapa kemungkinan penyebab perut berdetak seperti ada nadi antara lain :
  • Aneurisma aorta abdominalis dimana terjadi pelebaran pembuluh darah aorta. Kondisi ini dapat berbahaya jika pembuluh darah pecah dan memicu perdarahan hebat.
  • Asam lambung yang meningkat.
  • Kontraksi otot perut.
  • Peristaltik usus.
  • Posisi berbaring dimana perut akan lebih terasa berdenyut.
Anda tidak perlu cemas, namun harus menjaga pola makan. Biasakan makan dengan teratur dalam porsi kecil setiap 4 jam. Pastikan makan yang dikonsumsi bergizi, tidak terlalu pedas, tidak terlalu asam. Hindari minuman berkafein dan soda. Lakukan rileksasi otot perut dengan memijat ringan menggunakan minyak.Jika keluhan tidak kunjung membaik, perut terasa sangat sakit, detak jantung meningkat, keringat dingin, mual, muntah bahkan penurunan kesadaran, segera periksa ke dokter penyakit dalam untuk dilakukan USG. Dokter dapat melakukan rujukan ke dokter spesialis lain jika memang diperlukan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
latihan otot perutsakit perutaneurisma aorta
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil