Perut Berbunyi Setelah Makan, Apa Penyebabnya?

R Info Penanya: R, Wanita, 21 Tahun
Dokter, saya mau bertanya dibawah tulang dada saya terasa sakit hingga ke perut sebelah kiri dan kanan, apa penyebabnya? Kemudian perut saya selalu berbunyi setelah makan. Mohon jawabannya dan terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu R,

Perut yang berbunyi setelah makan merupakan kondisi normal, hal ini disebabkan karena pergerakan lambung dan alat pencernaan dalam proses mendorong makanan dan minuman, kemudian bertemu dengan gas yang sudah ada sebelumnya di lambung. Untuk itu Ibu tidak perlu terlalu khawatir.

Rasa sakit pada perut sebelah atas dapat digolongkan dalam 3 golongan yaitu :

  1. Perut bagian kanan atas, penyebab sakit dan rasa tidak enak disini kemungkinan disebabkan adanya gangguan pada organ dalam perut yaitu : batu pada saluran empedu, ulkus pada lambung dan infeksi pada pankreas.
  2. Perut bagian tengah atas, penyebab sakit dan rasa tidak enak disini kemungkinan disebabkan adanya gangguan pada organ dalam perut yaitu ulkus pada lambung, rasa terbakar akibat arus balik asam lambung,  dan infeksi pada pankreas, batu pada saluran empedu, hernia epigastrik.
  3. Perut bagian kiri atas, penyebab sakit dan rasa tidak enak disini kemungkinan disebabkan adanya gangguan pada organ dalam perut yaitu ulkus pada lambung, ulkus pada duodenum, kolik pada saluran empedu, dan infeksi pada pankreas.

Untuk lebih pastinya sebaiknya Ibu mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit dalam (Internis) untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosedur pasang ring jantung dilakukan untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah

Menilik Prosedur Pasang Ring Jantung hingga Efek dan Risikonya

Pasang ring jantung, dilakukan untuk merawat penyempitan pembuluh darah jantung yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner atau sebagai perawatan lanjutan setelah serangan jantung.