18 Sep 2020, 01:10Penyakit Lainnya

perut bedetak seperti ada nadi

BS
Info Penanya: BS0
dok saya mau tanya, saya bingung tiba2 ad yg bilang ari2 saya penuh dan saya merasa ketika berbaring perut sayaerasa detak nadi kencang, sedangkan saya masih gadis dokterima kasih
1055 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang BS,Perut yang berdenyut atau seperti berdetak adalah hal yang perlu diperhatikan. Apabila sering terasa berdenyut dan berdetak sepanjang waktu sebaiknya bisa dilakukan pemeriksaan.Penyebab berdenyutnya bagian perut diantaranya karena:
  • Otot yang berdenyut
  • Adanya pembuluh darah yang tidak normal seperti misalnya adanya aneurisma
  • Gerakan usus
Aneurisma sendiri merupakan kondisi adanya pembuluh darah yang bentuknya tidak normal, bisa melebar dan membesar dan bisa membahayakan jika sampai pecah. Pada bagian perut sendiri bisa merupakan pembuluh aorta abdominalis.Keluhan lain yang bisa juga timbul seperti nyeri hebat pada perut, sering merasa sesak, ada mual dan muntah, sering berdebar, keringat dingin, terkadang pingsan atau tekanan darah turun tiba-tiba, pusing dan gejala lainnya.Jika tidak ada perut berdenyut tetapi hanya merasa nadi lebih kencang saat tiduran, bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti misalnya gangguan pencernaan, masalah psikologis dan lainnya. Untuk itu jika sering kali berdebar sebaiknya diperiksakan ya pada dokter untuk dipastikan apa penyebabnya.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
perutjantung berdebaraneurisma aorta
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil