08 May 2021, 07:35Perut

Perut berbunyi saat ditekan, kenapa?

ZK
Info Penanya: ZK0
Dok saya mau tanya Kenapa pada saat saya menekan perut bagian bawah pusar perut saya itu mengeluarkan bunyi dok Kira kira itu kenapa yah dok
345 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, ZTerima kasih atas pertanyaan AndaPerut berbunyi adalah kondisi yang normal. Hal ini umumnya disebabkan oleh adanya pergerakan usus atau sering disebut dengan istilah gerakan pristaltik usus. Sehingga keluhan berbunyi tanpa dengan keluhan penyerta adalah kondisi yang normal terjadi. Namun, bila dsertai dengan keluuhan sakit perut, diare, dan lain sebagainya maka kondisi ini tidak normal dan sebaiknya segera periksa.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan perut berbunyi:

  • Pergerakan makanan pada saluran pencernaan
  • Kondisi perut kosong atau lapar
  • Radang usus
  • Diare
  • Keracunan makanan
  • Kondisi medis lainnya
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, kemungkinan penyebab dari keluhan perut berbunyi bisa dipengaruhi oleh faktor yang disebutkan di atas. Untuk tahu penyebab pastinya, dan bila keluhan ini disertai dengan gejala penyerta segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.Pastikan saat ini Anda konsumsi makanan bergizi, konsumsi sayur dan buah, minum air putih secukupnya, hindari kelelahan, berusaha makan tepat waktu, hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung berlebihan, atasi stres dan hindari kecemasan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
asam lambungpencernaanperut kembung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil