Perut bawah kiri dekat miss v suka berat

L Info Penanya: L, Wanita, 26 Tahun
dokter, saya ingin bertanya kenapa perut bawah bagian kiri deket miss v itu suka berat ya ? tidak sakit namun merasa berat sebelah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L

Rasa berat dan tidak nyaman pada perut dekat n miss V dapat disebabkan beberapa hal seperti adanya kista dan mioma pada rahim, adanya pembesaran kelenjar bartolin, sedang adan infeksi radang panggul. 

Kondisi kista atau mioma pada rahim menyebabkan desakan massa didalam rahim yang semakin tumbuh, terkadang tanpa gejala bahkan hanya rasa tidak nyaman, namun jika semakin membesar dapat menimbulkan gejala nyeri. Selain itu juga terdapat gejala seperti menstruasi banyak dan bergumpal, menstruasi memanjang lebih dari 7 hari dan lebih dari satu kali dalam 1 bulan. 

Selain adanya mioma, rasa tidak nyaman dapat terjadi pada infeksi radang panggul, infeksi pada organ dalam panggul seperti rahim pada tahap awal membuat tidak nyaman namun dapat memicu nyeri perut dan demam. 

Saya sarankan anda untuk menjaga kebersihan miss v, lakukan olahraga agar otot disekitar panggul kuat dan tidak nyeri. Selain itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan (Sp.OG)

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya penyakit miom dapat menyebabkan komplikasi bagi penderitanya

Jauhi Bahaya Penyakit Miom dengan Penanganan yang Tepat

Miom termasuk penyakit yang sering terjadi pada wanita, dan dapat menimbulkan berbagai komplikasi di kemudian hari jika tidak diobati dengan benar. Bahaya penyakit miom bisa berupa kondisi sulit hamil pada wanita, atau meningkatnya risiko keguguran bila terjadi ketika penderitanya sedang hamil.